BMKG Ingatkan Warga, Desember- Februari 2022 Puncak Musim Hujan

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan curah hujan di bulan November dan Desember akan jauh lebih meningkat dibanding bulan sebelumnya. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada akan ancaman banjir dan bencana lainnya.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, trend curah hujan lebih meningkat sejak bulan Oktober di sejumlah wilayah di Indonesia.

Potret aktivitas di Jalan Trikora Wosi Manokwari di tengah hujan deras dan petir, Selasa, 13 April 2021.

Photo :
  • ANTARA/Hans Arnold Kapisa
Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

"Di November sejumlah wilayah juga sudah memasuki musimnya [penghujan], sementara wilayah lain transisi musim atau pancaroba. Wilayah yang sudah memasuki musim itu sekitar 20 sampai 30 persen," kata Hary, Sabtu 6 November 2021.

Karena itu, Hary meminta semua pihak untuk mewaspadai ancaman bencana yang ditimbulkan dari curah hujan yang meningkat di berbagai wilayah. 

Gempa Garut Terasa hingga Bandung, BMKG: Jenis Menengah dan Tak Berpotensi Tsunami

“Bulan Desember adalah salah satu puncak musim, lebih banyaknya di Januari dan Februari. Langkah yang dibuat BMKG adalah membuat prediksi cuaca," tandasnya.

sorot gempa bumi - Lanskap kawasan Monas Jakarta

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

BPBD DKI mengungkap tiga sumber ancaman gempa di wilayah DKI Jakarta dan pengungkapan sumber ancaman tersebut sebagai upaya untuk memitigasi bencana.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024