Pengadilan Tinggi Perberat Hukuman Edhy Prabowo Jadi 9 Tahun Penjara

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak banding yang diajukan tim kuasa hukum mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Pengadilan Tinggi (PT) DKI memperberat vonis Edhy dari 5 tahun menjadi 9 tahun penjara.

Hakim PT DKI Tetapkan Rumah Istri Rafael Alun Dirampas jadi Milik Negara

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa (Edhy) dengan pidana penjara selama 9 tahun dan denda sebesar Rp400 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," demikian bunyi amar putusan majelis banding, dikutip Kamis, 11 November 2021.

Hakim PT DKI juga mewajibkan Edhy membayar uang pengganti sejumlah Rp9.687.447.219 dan US$ 77 ribu dengan memperhitungkan uang yang telah dikembalikan oleh politikus Partai Gerindra itu.

PT DKI Jakarta Tetap Vonis Rafael Alun 14 Tahun Penjara

Uang itu harus dibayar Edhy dalam jangka waktu satu bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap. Jika tidak dibayar maka harta bendanya akan disita dan dilelang oleh jaksa, untuk menutupi kekurangan uang pengganti.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Photo :
  • ANTARA
Diduga Pamer Kemaluan, Hakim di Lampung Dilaporkan ke Polisi

Jika harta bendanya tidak cukup maka akan diganti dengan pidana penjara selama 3 tahun.

Selain itu, hakim PT DKI juga menjatuhkan pidana tambahan, berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama tiga tahun sejak Edhy selesai menjalani pidana pokok.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman penjara selama 5 tahun denda Rp400 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap Edhy Prabowo.

Edhy Prabowo divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi berupa penerimaan suap, terkait izin budidaya lobster dan izin ekspor benih bening lobster (BBL) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya