Bus-bus Gratis untuk World Superbike Mandalika Disiapkan, Ini Titiknya

Bus-bus gratis disediakan bagi para penonton World Superbike (WSBK) Mandalika
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Dinas Perhubungan Provinsi NTB menyiapkan 97 armada kendaraan gratis termasuk bus untuk mengangkut penumpang yang menonton World Superbike (WSBK).

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Sejumlah 97 armada tersebut dilepas di lima titik penghubung Sirkuit Mandalika. Masing-masing di eks Bandara Selaparang Mataram, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, Bandara Zainuddin Abdul Madjid dan  Pelabuhan Bangsal.

"Ada 97 armada akan dibagi menjadi lima titik. Ada bus berkapasitas 40 seat, minibus 30 seat dan kendaraan 12 seat," kata Direktur Lalulintas Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo pada Senin, 15 November 2021.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Djoni mengatakan, seluruh bus tersebut akan mengantar penumpang hingga parkiran barat dan timur Sirkuit Mandalika. Selanjutnya masyarakat akan diperiksa syarat untuk masuk sirkuit.

Dijelaskan bus juga akan mengantar kembali penumpang ke tempat semula usai menyaksikan WSBK.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

"Kalau mereka kembali, bus akan kembali ambil penumpang dibawa lokasi titik kumpul," ujarnya.

Kadishub NTB Lalu Moh. Faozal mengatakan, selain 97 armada yang disediakan secara gratis, Dishub juga menyediakan angkutan sewa khusus (ASK) di lima koridor tersebut. Angkutan tersebut dipungut biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Organda memberikan opsi kedua dengan ASK yang biaya ditentukan dari Dishub. Tidak lagi memberikan tarif yang tidak ada aturan," katanya.

ASK nanti akan diberikan stiker khusus sebagai tanda mereka dapat beroperasi ke Sirkuit Mandalika. ASK juga disiapkan untuk mengantisipasi membeludaknya masyarakat yang akan menyaksikan WSBK.

Namun masyarakat juga dapat memilih menggunakan kendaraan pribadi dengan catatan harus memiliki tiket menyaksikan WSBK.

"Jika masyarakat tanpa tiket maka akan disuruh putar balik di pintu penyekatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya