Besok, Jokowi Akan Lantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Jenderal Andika Perkasa jalani fit and proper test calon Panglima TNI di DPR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yudha Prasetya

VIVA – Presiden Joko Widodo bakal melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Rabu, 17 November 2021. Pelantikan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Hal itu dikemukakan Presiden saat wartawan menanyakan hari pelantikan Panglima, di sela-sela kunjungan Presiden di Banten, hari ini.

"Pelantikan panglima Insya Allah besok hari Rabu," kata Jokowi, Selasa, 16 November 2021.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Jenderal Andika Perkasa Menjalani Fit and Proper Tes di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jokowi mengatakan, agenda pelantikan besok hanya Panglima TNI saja. Belum ada rencana perombakan atau reshuffle kabinet. "Belum," kata Kepala Negara.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Dihubungi terpisah, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, pelantikan Andika bakal bersamaan dengan pelantikan duta besar yang akan ditempatkan di sejumlah negara sahabat.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sudah menjalani fit and proper test sebagai Panglima TNI pada Sabtu, 6 November 2021. 

Melalui rapat internal usai fit and proper test, Komisi I DPR akhirnya sepakat menyetujui Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanjo yang segera memasuki masa pensiun.

Selain itu, Komisi I DPR juga telah melakukan verifikasi faktual Jenderal Andika dengan mengunjungi kediamannya pada Minggu, 7 November 2021.

Komisi I DPR juga sudah mengeluarkan surat persetujuan Andika sebagai Panglima TNI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya