BNPT Sebut Farid Okbah Koordinator JI untuk Al-Qaeda

Ustaz Farid Okbah (kanan) bersama Ustaz Ahmad Zain An Najah
Sumber :
  • Instagram @faridokbah_official

VIVA – Tim Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Ahmad Okbah (FAO) di rumahnya kawasan Bekasi, Jawa Barat pada Selasa, 17 November 2021. Diduga, Farid sebagai fasilitator antara jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) dengan Al Qaeda yang berada di Afghanistan.

“FAO ke Afganistan tidak dalam rangka pendidikan dan latihan. Semacam afiliator atau koordinator JI untuk Al Qaeda di Afgan,” kata Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Brigjen Ahmad Nurwakhid saat dihubungi wartawan pada Rabu, 17 November 2021.

Menurut dia, Farid juga salah satu aktor intelektual atau mentornya Jamaah Islamiyah yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Afghanistan. Namun, ia belum bisa mengungkapkan kapan waktu Farid terbang ke Afghanistan tersebut. “Masih didalami oleh penyidik,” ujarnya.

Selain itu, Nurwakhid menyebut Farid juga mendidik dan melatih para ustaz kelompok kanan. Bahkan, dikembangkan kepada kader-kader pesantren JI dan anggotanya. Kemudian, di daerah-daerah juga yang bersangkutan mengadakan dauroh-dauroh.

“Tahun 92-an, Farid Okbah ditunjuk sebagai ustaz yang men-training sejumlah kader ustaz-ustaz yang menyebarkan visi dan misi JI dengan mendalami kitab Wahabi, Fiqh Jihad,” jelas dia.

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Farid Okbah (FAO) karena diduga terlibat kasus terorisme di kediamannya kawasan Bekasi, Jawa Barat pada Selasa, 16 November 2021.

Selain Farid Okbah, ada dua orang lagi yang ditangkap yakni Ahmad Zain An-Najah dan Anung Al-Hamat. Ketiganya diduga terlibat dalam kasus pendanaan terorisme.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Baca juga: Farid Okbah Pernah Unggah Momen Foto Bareng Jokowi

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng
Ilustrasi penangkapan teroris.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Mantan narapidana kasus terorisme, Arifuddin Lako, mendukung upaya BNPT dan Kepolisian dalam menuntaskan masalah radikalisme terorisme di Sulawesi Tengah. 

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024