Pigai: Independensi Polri Bisa Hilang Jika di Bawah Kementerian

Aktivis HAM asal Papua, Natalius Pigai
Aktivis HAM asal Papua, Natalius Pigai
Sumber :
  • Youtube Fadli Zon

VIVA – Gubernur Lemhanas Agus Widjojo melontarkan isu keberadaan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di bawah Kementerian dan tak lagi di bawah Presiden. Menanggapi isu tersebut, aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai tak menyetujuinya.

Menurut Pigai, selama ini Korps Bhayangkara dibentuk sebagai lembaga yang dituntut untuk independen.

"Korps Bhayangkara selama ini dibentuk sebagai lembaga yang dituntut independen," kata Pigai dalam keterangan tertulisnya, Senin, 3 Januari 2022.

Ia pun mengkhawatirkan jika nantinya Polri di bawah Kementerian, maka independen tersebut hilang. Jika hal tersebut terjadi, kata Pigai, akan sangat berbahaya.

"Jika Polri berada di bawah kementerian, maka dikhawatirkan independensi tersebut benar-benar hilang dan berbahaya," ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Hengky Primana mengatakan saat ini belum ada urgensi keberadaan Polri di bawah Kementerian. Ia pun heran mengapa Lemhanas mengusulkan isu Polri di bawah Kementerian.

"Menurut saya belum ada hal yang urgen untuk Polri di bawah kementerian, kita juga ingin mendengar alasan kenapa Lemhanas mengusulkan itu," katanya.