Logo BBC

Vaksin Booster: Ahli Kesehatan Khawatir akan Kacaukan Vaksinasi Lansia

Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin ke lansia. BBC Indonesia
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin ke lansia. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemerintah memulai program vaksin penguat atau booster kemarin, tapi sejumlah ahli kesehatan mengkhawatirkan kebijakan ini mengacaukan target vaksinasi lengkap bagi lansia dan salah sasaran.

Kelompok lanjut usia (lansia) menyumbang hampir setengah dari total kematian akibat Covid-19 di Indonesia. Sementara vaksinasi lengkap untuk kelompok rentan ini baru mencapai 44?ri target 21 juta jiwa.

Mulai kemarin (12/01), vaksinasi booster gratis diberikan kepada masyarakat. Presiden Joko Widodo mengatakan vaksin ketiga diprioritaskan "bagi lansia dan kelompok rentan".

"Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya," kata Presiden Jokowi.

Kelompok lansia menjadi perhatian karena menyumbang porsi yang tinggi atas tingkat kematian. Jumlah kematian akibat COVID-19 di Indonesia per 12 Januari 2022 mencapai 144.150 kasus di mana mereka yang berusia di atas 60 tahun atau kelompok lansia menyumbang sekitar 46,8%.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai vaksin booster, dan situasi terkini dari kelompok lansia.

Apakah waktu untuk vaksin booster sudah tepat?

AFP
Lansia menjadi kelompok yang paling terpukul di tengah pandemi. Vaksinasi lengkap mereka juga belum setengah dari target.


Dalam satu pekan terakhir, jumlah kasus COVID-19 meningkat hampir tiga kali lipat. Per 11 Januari kasus mencapai 802 dari satu pekan sebelumnya sebanyak 299 kasus.

Kenaikan ini setelah pemerintah pertama kali mengumumkan adanya transmisi lokal varian Omicron di penghujung 2021. Awal pekan ini, kasus Omicron transmisi lokal yang terkonfirmasi sebanyak 84 dari 506 kasus.