Hashim Bakal Boyong Puluhan Orang Utan dari Eropa Tinggal Dekat IKN

Hashim Djojohadikusumo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – Chief Executive Officer (CEO) Arsari Group, Hashim Djojohadikusumo mengatakan perusahaannya memiliki lahan yang dijadikan pusat suaka orang utan di dekat lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara baru.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Sehingga menurutnya, hal ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia untuk dilihat tamu-tamu negara asing nantinya jika berkunjung ke Ibu Kota baru.

"Kami dapat izin dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mengelola sejumlah lahan untuk menjadi tempat penampungan orang utan yang sudah dewasa besar. Yang mungkin lama dipelihara di dalam kandang-kandang Pulau Jawa dan sebagainya," kata Hashim saat jumpa pers virtual pada Selasa, 8 Februari 2022.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Saat ini, Hashim mengatakan, pihaknya sudah menampung 4 orang utan besar. Namun, satu meninggal karena sakit, tiga sebentar lagi mungkin akan dilepaskan ke suatu tempat yang namanya Tanjung Buaya. Rencananya, Hashim ingin menampung kurang lebih 80 orang utan dewasa dari sejumlah kebun binatang yang dari Eropa.

"Dari Eropa ada memiliki orang utan besar di dalam kandang-kandang kecil, mereka sudah kenal kita, mereka percaya bahwa program kita yang layak dan bagus untuk kesejahteraan orang utan. Rencana jangka panjang adalah untuk repatriasi, mereka akan kembalikan kurang lebih 80 orang utan ke daerah itu," jelas dia.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Tentu, Hashim berharap rencana menjadikan suaka orang utan ini sebagai tempat kebangaan Bangsa Indonesia. Menurut dia, rencana tersebut sudah dicanangkan jauh sebelum adanya proyek IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah, Puji Tuhan. Maka lahan Ibu Kota baru di sebelah pusat suaka orang utan kita. Nanti bisa dikunjungi oleh tamu negara, tamu asing, mereka bisa liat aset bangsa Indonesia yang luar biasa, antara lain orang utan,” ungkapnya.

“Menurut saya, orang utan ini makhluk yang luar biasa. So, itu dekat dengan ibu kota negara baru. Tapi ingat, bahwa rencana ini sudah lama direncanakan jauh sebelum ada ibu kota baru," tambahnya.

Selain itu, Hashim yang memiliki lahan seluas 173 ribu hektare. Dengan rincian berupa hak pengusahaan hutan (HPH) sekira 447 hektare, dan hak guna bangunan (HGB) seluas 266 ribu hektare ketika beli tahun 2007. Tahun 2013, ia melepaskan 93 ribu hektare untuk masyarakat setempat gratis dan dipakai seperlunya seizin dari kepala daerah.

Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Saya sudah liat skema dan petanya, wilayah yang akan diambil jadi HPH ada sedikit atau tidak banyak dan itu berupa hutan penyangga. Hutan penyangga tetap dilestarikan sebagai hutan, dan terus terang saja itu sebenarnya adalah tujuan saya," ungkapnya.

Jadi, Hashim menegaskan, tujuannya menanam pohon dan bukan tebang pohon selama-lamanya. Bahkan, ia mengatakan jangka panjangnya akan menanami hutan secara tumpangsari. Misalnya, puluhan hingga ratusan jenis tanaman pohon akan kembali ditanam di hutan seutuhnya dan beragam. Sehingga, bukan hanya sawit, akasia dan pinus saja.

"Saya merawat dan saya menjaga sebagai tempat konservasi. Saya punya suatu rencana bikin kawasan konservasi satwa liar, seluas 19 ribu ha di dalam hutan, untuk sebagai hutan konservasi satwa liar," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya