Heboh Makam Dibongkar Maling di Sidoarjo, Tali Pocong Hilang

Kondisi makam almarhumah Siti Kalsum di Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, saat ditemukan telah dibongkar oleh orang tak dikenal.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Sebuah makam di kompleks pemakaman umum di Desa/Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, ditemukan terbongkar pada Selasa, 8 Februari 2022. Warga yang menemukan kemudian memeriksa jenazah dan diketahui tali pocong yang mengikat kain kafan pada jenazah hilang.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Video penemuan makam terbongkar itu juga menyebar di jejaring grup WhatsApp dan platform media sosial lainnya. Alam (28 tahun), warga setempat, mengatakan bahwa makam yang dibongkar orang tak dikenal itu ialah makam mendianga Siti Kalsum, yang meninggal pada Kamis sore, 3 Februari 2022, bertepatan dengan malam Jumat Legi.

Makam itu diketahui terbongkar pertama kali oleh warga bernama Masama sekitar pukul 05.30 WIB. "Pertama kali saya dengar kabar itu dari tetangga saya, katanya ada makam yang dibongkar dan dicuri tali pocongnya," kata Alam kepada wartawan dikutip Rabu, 9 Februari 2022.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Ilustrasi pemakaman.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebetulnya, kata Alam, sejak hari pertama dikubur, makam Siti Kalsum sudah dijaga. Sebab, menurut keyakinan warga, jenazah yang meninggal dan dikuburkan pada malam Jumat Legi biasanya diincar orang yang ingin memperdalam ilmu kekebalan dan kesaktian lainnya. Biasanya tali pocong jenazah yang diincar.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Namun, menurutnya, sekira pukul 02.00 WIB, penjaga makam pulang. Nah, paginya baru diketahui bahwa makam itu sudah dalam kondisi terbongkar. “Dua tali pocong diketahui hilang,” ujarnya.

Mengetahui itu, pihak keluarga ikhlas dan kafan jenazah Siti Kalsum kemudian diperbaiki kembali dengan mengganti dua tali pocong yang hilang dicuri dengan yang baru. Makam ditutup kembali seperti sedia kala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya