Sandiaga Kolaborasi dengan TNI AL Kembangkan Laboratorium INAP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat meninjau Laboratorium Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) di Pantai Pembuahan, Jembrana, Bali, Rabu, 23 Februari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut (AL) untuk pengembangan potensi wisata Laboratorium Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) di Pantai Pembuahan, Jembrana, Bali.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

“Khususnya dalam menghadirkan wisata edukasi serta menghadirkan produk-produk ekonomi kreatif dari hasil budi daya yang dapat memberikan nilai tambah,” katanya saat meninjau Laboratorium INAP sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, 23 Februari 2022.

INAP merupakan program pengembangan budi daya laut yang diinisiasi TNI AL, bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti pemerintah daerah, pakar, dan pihak swasta.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Program itu disebut akan dikembangkan sebagai destinasi wisata yang dilengkapi fasilitas kesehatan, pendidikan, dan mangrove. Dalam arti, tak hanya berfungsi sebagai tempat pembibitan dan pemanenan udang.

Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Melalui kolaborasi yang baik, kata Sandiaga, ke depannya di setiap INAP dihadirkan sentra-sentra ekonomi kreatif yang menghadirkan produk-produk turunan dari hasil budidaya seperti udang dan anggur laut.

Menurut Sandiaga, dampak ekonomi yang dihasilkan akan luar biasa karena dapat meningkatkan nilai tambah. Apalagi jika terdapat produk turunan dari hasil budidaya seperti wisata kuliner.

"Nanti untuk kulinernya, yang cocok kita bikin ke depan ini sentra UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Udang-udang dikirim ke luar negeri, tapi boleh sedikit juga diproduksi di sini menjadi sushi, sashimi, dan produk olahan lainnya," kata Sandiaga.

Selain itu, kehadiran INAP dianggap dapat menambah potensi ekonomi bagi Bali terlebih pemerintah pusat sedang memetakan transformasi ekonomi di Bali yang terlalu bergantung sektor pariwisata.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan program INAP akan menciptakan dampak besar kepada kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya program INAP ini bisa menambah ragam wisata edukasi. Jadi tidak hanya berhenti pada budidaya udang, tapi dilengkapi pendukung yang lain dari sisi wisata," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya