Terjebak Hujan Deras dan Cuaca Dingin, Pendaki Gunung Lawu Tewas

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban yang terjebak cuaca di Gunung Lawu.
Sumber :
  • SAR Semarang.

VIVA - Seorang pendaki gunung terjebak hujan deras dan hawa dingin di Gunung Lawu Kabupaten Karangnyar, Jawa Tengah. Pendaki tersebut bernama Yusuf (40) asal Kabupaten Tangerang.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban yang terjebak cuaca di Gunung Lawu.

Photo :
  • SAR Semarang.

Alami Hipotermia

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

Ia mengalami hipotermia di pos 4 Gunung Lawu Kabupaten Sabtu sore. Kemudian pada Senin, 28 Februari 2022, siang, pukul 12.37 WIB, tim SAR gabungan menemukannya, tapi sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menjelaskan, awalnya pada Sabtu, 26 Februari 2022, sekitar pukul 09.00 WIB, korban mendaki gunung Lawu via Cemoro Kandang bersama 100 orang pendaki asal Semarang. Rencananya, rombongan tersebut akan melakukan ritual.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Terjebak Hujan

Sekitar pukul 15.20 WIB korban terjebak hujan di posisi antara pos 3 sampai pos 4. Karena kedinginan, korban mengalami kelelahan saat akan melanjutkan perjalanan ke puncak bersama rombongan. Ia kemudian istrahat di warung Pak Robet yang berada di Pos 4.

"Kemudian pada hari Minggu, 27 Februari 2022, malam, pukul 19.30 WIB, rekan korban yang baru selesai ritual menjemput untuk turun. Korban yang masih berada di warung pak Robet di pos 4 kondisinya tetap kelelahan dan tak mampu turun. Rekan korban pun minta bantuan ke tim SAR untuk melakukan evakuasi," kata Heru.

Baca juga: Tim SAR Selamatkan Pendaki yang Alami Hipotermia di Gunung Merbabu

Tim SAR Berangkat ke Lokasi dengan Ketinggian Sekitar 3.100 Meter

Koordinator pos SAR Surakarta, lanjutnya, kemudian memberangkatkan 1 tim rescue ke lokasi. Mereka berangkat naik dari Base Camp Cemoro Kandang menuju pos 4 dengan ketinggian sekitar 3.100 meter dari permukaan laut. Perjalanan ditempuh jalan kaki selama kurang lebih 6 jam.

Sayangnya, saat sampai di lokasi pada Senin, 28 Februari 2022, sekitar pukul 06.00 WIB, tim gabungan mendapati survivor sudah lemah sebelum kemudian meninggal.

"Tim SAR gabungan mengevakuasi korban dari pos 4 menuju Base Camp Cemoro Kandang, selanjutnya korban dibawa ke puskesmas Tawangmangu Kabupaten Karanganyar untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Dengan selesainya evakuasi, tambah Heru, maka operasi SAR dinyatakan selesai, dan tim yang terlibat kembali kesatunnya masing-masing.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya