4 Pandangan Ustaz Adi Hidayat Mengenai Perang Rusia-Ukraina

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • Instagram Akhyar TV

VIVA – Konflik antara Rusia dan Ukraina saat ini memang menjadi perbincangan hangat dan besar di dunia termasuk Indonesia. Seperti halnya Ustadz Adi Hidayat yang memberikan pandangan dari Islam terhadap konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. 

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Pandangan konflik Rusia dan Ukraina yang diberikannya tersebut telah dikutip oleh Viva pada Senin, 7 Maret 2022 melalui unggahan video di kanal YouTube Adi Hidayat Official. Video yang diunggah pada 28 Februari 2022 tersebut telah ditonton lebih dari 1,2 juta kali. Berikut ini pandangan Ustadz Adi Hidayat mengenai perang Rusia-Ukraina. 

Umat Islam harus menjadi penengah

Jemaah Indonesia akan Dapat Smart Card dari Arab Saudi, Apa Fungsinya?

Dalam videonya, Ustadz Adi Hidayat memberitahukan bahwa jika terjadi konflik yang terjadi antara dua pihak atau lebih dalam suasana bertikai, orang Islam sejatinya harus menjadi penengah dan memberi solusi yang tidak memprovokasi satu atau dua pihak tersebut untuk mengambil keuntungan yang justru dapat memperkeruh keadaan dan menghancurkan pihak yang tengah bertikai. Alangkah baiknya untuk memberikan solusi yang menenangkan dan mendamaikan bagia kedua belah pihak. 

Memberi solusi yang positif dan bermanfaat

Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

Selain umat islam harus menjadi penengah jika ada konflik yang terjadi antara dua pihak atau lebih, sifat orang Islam selanjutnya adalah datang dengan memberi solusi yang menenangkan, mencerahkan, memberi hal yang manfaat bagi kedua belah pihak dan berpotensi dengan kesepakatan yang dibangun sehingga menghentikan pertikaian dan menghadirkan perdamaian. 

Sikap buruk tidak harus dibalas dengan yang buruk juga 

Seperti yang tercantum di dalam Al-Quran surat Al-Fussilat ayat 34, dimana Allah SWT memberikan gambaran bahwa tidak seharusnya sifat yang jelek harus dibalas dengan sifat yang jelek juga. Sejatinya tidaklah sama yang baik dengan yang buruk sehingga kita harus memberikan resppon yang positif kepada perlakuan-perlakuan yang negatif. Jawab dengan perlakuan yang baik, dengan ketenangan, dengan kedamaian dan kelembutan. Hingga akhirnya konflik atau pertikaian tersebut melunak dan menimbulkan perdamaian. 

Memperhatikan gerakan separatis

Dalam video yang diunggahnya, tak lupa diingatkan bahwa Indonesia juga perlu memperhatikan gerakan separatis yang mungkin terjadi, terutama meminta dukungan ke luar negeri. Hal tersebut mungkin saja bisa menimbulkan kesan yang negatif dalam pemerintahan Indonesia sehingga perlu mendapatkan perhatian. Agar nantinya tidak ada pengakuan dari dunia luar yang bisa menganeksasi Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya