Swakelola SBM-ITB Tak Sesuai Statuta, Forum Dosen Bilang Begini

Kampus ITB
Sumber :
  • Instagram @institutteknologibandung

VIVA – Forum dosen Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknik Bandung (SBM-ITB)memastikan kebijakan rektorat ITB yang menyatakan bahwa status pengelolaan keuangan SBM tidak sesuai statuta ITB keliru.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Rektorat menilai bahwa sebagaimana hasil audit BPK RI 31 Desember 2018 yang dimana pengelolaan keuangan SBM ITB tidak sesuai Statuta ITB sebagaimana diatur dalam PP 65/2013. 

Kemudian rektorat menegaskan bahwa Istilah swakelola dan otonomi yang digunakan oleh Forum Dosen (FD) SBM ITB merupakan bentuk pengelolaan keuangan yang tidak sesuai statuta sebagaimana disampaikan oleh BPK RI.

IA ITB Cup Kembali Digelar, 24 Tim Turut Ramaikan

Delegasi Forum Dosen SBM ITB, Jann Hidajat mengatakan pihaknya menghormati penilaian BPK RI terkait swakelola.

"Kami percaya bahwa BPK RI dalam melaksanakan tugasnya selalu menuju tercapainya perbaikan, bukan untuk tujuan sebaliknya yang merugikan, apalagi dijadikan sumber konflik," ujar Jann dalam keterangannya, Kamis 10 Maret 2022.

Komang Teguh Ditawari Beasiswa S2 ITB STIKOM Bali

Imbas ke Perkuliahan 

Kontroversi swakelola yang memicu perselisihan antara forum dosen SBM dengan rektorat itu, berdampak aktivitas perkuliahan yang mengimbau mahasiswa belajar sendiri. 

"Forum Dosen SBM ITB menyatakan tidak beroperasi seperti biasanya mulai Selasa, 8 Maret 2022. Proses belajar-mengajar tidak dilaksanakan secara luring maupun daring, namun mahasiswa diminta belajar mandiri," kata perwakilan Forum Dosen SBM ITB Achmad Ghazali.

Konflik ini terjadi ketika Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mencabut hak swakelola SBM. Rektor tidak lagi mengakui dasar-dasar pendirian SBM ITB yang tertuang dalam SK Rektor ITB Nomor 203/2003. 

"SK ini memberikan wewenang dan tanggung jawab swadana dan swakelola pada SBM ITB sebagai bagian dari ITB," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya