Puji Destinasi Wisata Bali, Presiden IPU: Matur Suksma

Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma (kanan) dan Presiden IPU Duarte Pacheco.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bali sukses jadi tuan rumah perhelatan Sidang Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) yang digelar di  Nusa Dua. Sidang IPU rampung, daya tarik wisata Bali jadi perhatian dari parlemen negara lain.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Presiden IPU Duarte Pacheco menyampatkan mengelilingi sejumlah titik destinasi wisata di Ubud, Bali. Politikus senior asal Portugal itu ke Ubud ditemani Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana.

Pacheco bersama putranya Guilherme mendatangi Pasar Ubud, sebagai destinasi pertama. Pacheco memborong sejumlah baju, kain, ukiran bali hingga asesoris gelang maupun tas hasil kerajinan pelaku UMKM Pulau Dewata. 

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Dia tampak senang bisa bawa oleh-oleh khas Bali. Bahkan, saat itu, Pacheco juga diajarkan menyampaikan terima kasih menggunakan Bahasa Daerah Bali yaitu matur suksma oleh pedagang setempat. Dia bangga dengan cinderamata yang dibelinya seperti kaos bertulis 'Bali'.

Matur suksma. Thank you,” kata Pacheco, dalam keterangannya, Jumat, 25 Maret 2022.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Selanjutnya, Putu juga mengajak Pacheco ke lokasi wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary. Di lokasi ini, dia takjub dengan keindahan destinasi wisata Bali. Meski area wisata itu dipenuhi monyet, dia terlihat santai dan nyaman.

"Seru sekali, tadi saya belanja kaos, belanja gelang, ukiran Bali dan melihat keindahan alam bali di Monkey Forest yang luar biasa," tuturnya.

Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma (kiri) dan Presiden IPU Duarte Pacheco.

Photo :
  • Istimewa

Pun, ia mengaku senang bisa mendatangi Ubud untuk menikmati keindahan Bali. Ia mendoakan pariwasata Bali bangkit kembali pasca pandemi COVID-19. 

"Masyarakat Bali sangat ramah sekali. Saya berharap pasca pandemi ini banyak warga dunia akan melihat dan berkunjung ke tempat yang luar biasa ini," ujarnya. 

Kemudian, Putu juga sempat mengajak Pacheco mengunjungi Museum Rudana untuk melihat berbagai macam koleksi karya-karya lukisan sang maestro. Begitu tiba di Museum Rudana, Presiden IPU itu disambut dengan gamelan tarian Bali. 

Sementara, Putu berharap kedatangan Duarte ke Ubud Bali sebagao promosi bahwa Bali sudah siap jadi destinasi utama parisawata dunia. Ia bilang saat ini pariwisata Bali coba bangkit menggeliat kembali setelah terdampak pandemi.

"Saya ingin memperlihatkan kepada beliau filosofi Bali yaitu Tri Hita Karana. Melihat secara langsung UMKM dan pariwisata yang mulai menggeliat kembali," tutur Putu.

Putu berharap Pacheco dengan posisi sebagai Presiden IPU dan punya anggota 178 negara dari seluruh dunia bisa mempromosikan Indonesia dan Bali ke berbagai negara anggota IPU. Apalagi, Pacheco sering berkeliling dunia memimpin berbagai sidang IPU. 

“Oleh karena itu saya meminta beliau sebagai duta promosi Bali, Indonesia," ujar Putu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya