Bikin Minyak Kelapa di Demo Masak, PDIP: Kurangi Gorengan Politik

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menunjukan kegiatannya yang membuat langsung minyak kelapa sebagai pengganti minyak goreng.

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Hasto pamerkan pembuatan minyak kelapa tersebut dalam acara Demo Masak tanpa minyak goreng yang digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin 28 Maret 2022.

Dalam pembuatan minyak kelapa tersebut, Hasto didampingi Djarot Syaiful Hidayat, tampak Hasto memeragakan juga cara pembuatan minyak kelapa tersebut.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Baca juga: Megawati Jelaskan Awal Dirinya Bicara Kelangkaan Minyak Goreng

Bagaimana terlihat kelapa disangrai atau digoreng untuk menghasilkan minyak kelapa yang juga bisa untuk menggoreng.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Untuk mengurangi goreng-gorengan di politik, sebaiknya kita menggoreng santan untuk menjadi minyak yang berguna bagi kebutuhan rakyat," ujar Hasto ditemui di di Sekolah DPP PDIP, Lenteng Agung Jakarta Selatan, Senin 28 Maret 2022.

Hasto kemudian sedikit bercerita pengalamannya saat masih kecil di mana kebiasaan warga desa ibu-ibu bergotong royong dalam membuat minyak kelapa.

minyak kelapa

Photo :
  • U-Report

"Dan itu berguna semua hasilnya, minyaknya, bahkan saya kecil juga ikut marut. Makanya kalau lomba marut kita juga bisa untuk kelapa. Dari sinilah desa itu berdikari, karena gotong royong ibu-ibu yang menyiapkan makanan yang diperlukan, baik itu supportingnya seperti minyak goreng, maupun kebutuhan pokoknya," ujarnya.

Dalam kesempatan ini Hasto mengatakan banyak olahan makanan lainnya yang disajikan dengan tanpa minyak goreng, misalnya lemper, hingga tape ketan.

"Misalnya lemper, tape ketan, kalau minyak itu dibuat h-7 sebelum hajat, tapi ketan itu dibuat pada h-4, sehingga semuanya berproses sebagai bentuk gotong royong sehingga desa itu bisa berdikari dalam mencukupi kebutuhan pangan dan ini jauh lebih sehat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya