Polri Siapkan Berbagai Rekayasa Lalu Lintas untuk Arus Mudik Lebaran

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Firman Shantyabudi meninjau kesiapan pelabuhan Merak di Banten, Rabu, 30 Maret 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Korlantas Polri menyiapkan berbagai rencana rekayasa lalu lintas pada arus mudik Idul Fitri 2022 yang diprediksi akan terjadi lonjakan, lantaran sejak tahun 2020 atau awal pandemi COVID-19 pemerintah melarang mudik lebaran. Salah satu solusi yang akan dilakukan untuk mengurai kemacetan parah di dalam tol adalah memberlakukan sistem one way atau satu arah.

Long Weekend, Ganjil Genap dan One Way Diberlakukan di Jalur Puncak pada 22-26 Mei

Namun sebelum itu dilakukan, ada pilihan lainnya, seperti contra flow hingga pembatasan kendaraan di lokasi tertentu untuk mengurai kepadatan di titik lainnya. Diperkirakan ada sekitar 80 juta warga yang akan melaksanakan mudik Idul Fitri 2022 ke berbagai daerah, seperti Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

"Kita akan mengambil salah satu  manajemen yang kita sebut peningkatan kapasitas. Misalkan di sini 3 lajur atau 4 lajur tol, saat meningkat tidak menutup kemungkinan kita akan gunakan contra flow, sampai ekstrem kita mengatakan one way. Itu yang disebut meningkatkan kapasitas jalan," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu 30 Maret 2022.

Detik-detik Tabrakan Beruntun di Tol Jagorawi Dipicu Anak Keterbelakangan Mental Nyeberang

Ilustrasi macet mudik.

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Kendaraan pengangkut logistik kemungkinan akan dibatasi perjalanannya sementara waktu untuk mengurangi kepadatan di ruas jalan. Sehingga arus lalu lintas kendaraan pribadi dan umum pengangkut masyarakat yang akan mudik bisa lebih lancar.

Viral Ban Truk Copot dan Menggelinding Kayak di Film Dono

Khusus di Pelabuhan Merak, polisi akan mengatur arus lalu lintas kendaraan mulai di dalam hingga keluar jalan tol, bahkan sampai ke pelabuhan.

"Jadi kita melihat bagaimana pengaturan sejak jalan tol, kemudian eksit sampai manajemen pengaturan di pelabuhan," terangnya. 

Pengaturan lalu lintas juga dilakukan ke jalur wisata, seperti penyekatan hingga pemberlakuan ganjil genap kendaraan. Selain itu, khusus di Kota Cilegon, kemungkinan besar akan diterapkan kantung parkir untuk membatasi kendaraan yang masuk ke dalam Pelabuhan Merak. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan di jalan raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya