Hujan Tak Surutkan Warga Aceh Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman

Suasana salat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Tarawih perdana, Sabtu, 2 April 2022 di Kota Banda Aceh sempat diguyur hujan deras. Namun, niat warga untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah tak surut datang ke masjid.

Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas

Seperti yang terlihat di Masjid Raya Baiturrahman. Warga berdatangan untuk salat isya, tarawih dan dilanjutkan witir.

Pantauan VIVA, saat memasuki ibadah salat Isya, hujan deras mengguyur Banda Aceh namun jamaah yang berada di halaman masjid tetap mengisi saf dan salat berjamaah.

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

Para jamaah berlindung di bawah payung elektrik raksasa yang berada di halaman masjid Raya Baiturrahman untuk menggelar ibadah salat Isya. Namun payung itu hanya 10 yang dibuka, sementara dua payung tidak dibuka.

Bahkan sebagian jamaah memilih untuk salat di basement masjid agar tidak terkena hujan dan dikarenakan di halaman masjid sudah penuh. Hujan berhenti sekitar 20 menit setelah salat Isya.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Masjid kebanggaan warga Aceh yang mampu menampung 25 ribu jamaah itu tampak seperti biasa dan tidak ada yang menjaga jarak baik di dalam masjid maupun di luar. 

Seorang jamaah, Fachriansyah mengaku salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh ini, sekaligus ingin menikmati keindahan masjid yang memiliki 12 payung yang mirip dengan Masjid Nabawi ini.

"Kalau tarawih saya tetap di sini, sekaligus menikmati keindahan Masjid Raya Baiturrahman,” katanya.

Plt Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Masjid Raya Baiturrahman, Saifannur membenarkan salat tarawih pada bulan ramadan 1443 Hijriah kali ini pihaknya tidak memberlakukan lagi pembatasan saf atau aturan untuk menjaga jarak antar jamaah.

"Tidak lagi kita berlakukan. Saf-nya tetap rapat," kata Saifannur.

Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau agar jamaah dapat menjaga kesehatannya masing-masing. Sementara, bagi yang memiliki gejala batuk atau yang mengarah ke Covid, disarankan untuk salat di rumah.

Baca juga: Jokowi: Alhamdulillah Ramadhan Tahun Ini Bisa Tarawih di Masjid

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya