Viral Disebut Pemukul Ade Armando, Pria Lampung: Saya Ada di Kampung

Try Setia Budi Purwanto (kanan) bersama kepala kampung Lembasung, Lampung
Sumber :
  • FB Helmi Ibrahim

VIVA – Sebuah unggahan foto-foto penyusup dan provokator aksi demonstrasi 11 April di Gedung DPR RI viral di media sosial. Unggahan tersebut memuat 4 foto kolase orang-orang yang diduga terlibat dalam aksi pengeroyokan dan penganiayaan terhadap Dosen UI Ade Armando.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Salah satu foto yang diunggah adalah Try Setia Budi Purwanto yang tertulis warga Kelurahan Lembasung, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Foto Try disandingkan pada profil pria dengan penutup kepala ponco berjaket sweater hitam yang diduga sebagai provokator kerusuhan aksi demo 11 April.

Viral foto pelaku pengeroyokan Ade Armando

Photo :
  • Ist
Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Foto viral Try langsung direspon Kepala Kampung Lembasung, Helmi Ibrahim. Dalam unggahan di akun Facebooknya, Helmi membantah warganya yang bernama Try Setia Budi Purwanto terlibat dalam pemukulan Ade Armando saat aksi 11 April di depan gedung DPR RI Jakarta. 

"Ass...selamat malam saudara saudara semua...Saya selaku kepala kampung lembasung kecamatan Blambangan umpu kab Waykanan lampung...Mohon maap atas brita warga kami yang bernama TRI BUDI PURWANTO..Yang mana sudah piral dimedsos barusan tentang keterlibatan beliau dalam pengeroyokan salah satu dosen UI ADE ARMANDO yang terjadi pada hari ini di jakarta tidak benar ada nya karena beliau Sampai saat ini masih berada di kampung lembasung bersama kluarga nya..semoga dapat menjadi perhatian kita semua soal berita berita yg sudah piral yg tidak benar brita nya.." tulis Helmi dalam unggahannya dikutip VIVA, Selasa, 12 April 2022.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Helmi juga mengunggah videonya bersama Try Setia Budi Purwanto. Try menyebut fotonya viral sebagai pelaku pengeroyokan Ade Armando adalah hoax.

"Berita yang viral saat ini itu hoax, berita palsu. Saya sekarang ada di rumah pak kepala kampung Lembasung, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Bahwa berita yang sudah viral tidak benar adanya. Rumah saya ada di kampung Lembasung dan sampai saat ini saya masih ada di kampung Lembasung bersama bapak kepala kampung," ujar Try Setia Budi

Helmi menambahkan bahwa tim reserse Polres Way Kanan juga sudah menemui langsung dengan Try Setia Budi di kampung Lembasung. Polisi memastikan Try sedang berada di kampung Lembasung saat aksi 11 April di gedung DPR RI, Jakarta, berlangsung. 

Dengan demikian, foto viral bahwa Try Setia Budi Purwanto terlibat dalam pengeroyokan Ade Armando adalah hoax.

Sebelumnya diberitakan, pegiat media sosial yang juga Dosen UI Ade Armando babak belur dihajar massa di tengah aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Senin, 11 April 2022. Ade mengalami luka cukup parah di bagian kepala dan lengan.

"Lukanya cukup parah," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Senin 11 April 2022.

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan saat kejadian Ade Armando berada dalam kerumunan aksi, bukan cuma dipukul tapi juga nyaris juga ditelanjangi. Saat ini, Ade telah dilarikan ke Rumah Sakit. Hal itu guna perawatan atas apa yang menimpanya.

"Bahkan celananya dilepaskan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya