Warga Lampung Disebut Pemukul Ade Armando, Kapolres: Sudah Dicek, Hoax

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna
Sumber :
  • Polres Way Kanan Lampung

VIVA – Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna memastikan informasi viral yang menyebut Try Setia Budi Purwanto, pemuda asal Way Kanan, Lampung, sebagai salah satu pelaku penganiayaan terhadap Ade Armando pada 11 April 2022, merupakan informasi yang tidak benar alias hoax.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Foto dan identitas atas nama Try Setia Budi Purwanto tersebar di media sosial sejak Senin malam. Fotonya diposting kolase bersama foto orang-orang yang disebut sebagai provokator dan pelaku pemukulan Ade Armando.  
 
Atas informasi itu, Kapolres memerintahkan beberapa anggota Polres Way Kanan untuk melakukan pengecekan pada Senin malam terhadap Try Setia Budi Purwanto di rumahnya.

Dari informasi yang diperoleh polisi, pemuda bernama Try Setia Budi Purwanto alias Budi lahir di Blambangan Umpu, 26 April 1996, dan sehari –hari bekerja sebagai honorer di Pemkab Way Kanan. Ia berdomisili di Jalan Inpres RT 002 RW 001 Kampung Lembasung, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Viral foto pelaku pengeroyokan Ade Armando

Photo :
  • Ist

Berdasarkan keterangan dari Try Setia Budi Purwanto, pada hari Senin, 11 April 2022, pukul 10.00 WIB datang ke kantor untuk bekerja sebagai honorer di Pemkab Way Kanan. Pada pukul 11.30 WIB, Ia mencuci kendaraan dinas di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Siang harinya, pukul 13.00 WIB menyiapkan sound system untuk kegiatan Bazzar Ibu PKK Pemkab Way Kanan di Simpang 5 Tugu Ryacudu Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

Setelah  itu, pada pukul 15.00 WIB, Budi pulang kerumah untuk istirahat kemudian pukul 16.30 WIB datang kerumah orang tua di KM5 Blambangan Umpu untuk berbuka puasa bersama.

"Semua saksi terkait alibi juga sudah diperiksa untuk cross check-nya," kata AKBP Teddy dalam keterangan resminya, Selasa, 12 April 2022.

Budi mengaku baru mengetahui fotonya viral dalam aksi pengeroyokan di Jakarta pada pukul 18.30 WIB. Saat itu, Budi dihubungi oleh Kepala Kampung Lembasung, Helmi Ibrahim untuk datang ke kediamannya.

"Atas penjelasan Sdr. Budi pada pukul 19.30 WIB, didampingi Kakam tersebut membuat video klarifikasi bahwa yang bersangkutan tidak mengikuti aksi di Jakarta dan saat ini masih berada di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung," ujar Kapolres

Warga Lampung diklarifikasi polisi karena dituduh pelaku pemukulan Ade Armando

Photo :
  • FB Helmi Ibrahim

Selanjutnya pada pukul 20.20 WIB, Try Setia Budi Purwanto bersama kakak kandungnya dan Kepala Kampung Helmi Ibrahim datang ke Polres Way Kanan untuk klarifikasi atas fotonya viral sebagai salah satu terduga pengeroyokan di Jakarta, dan informasi yang sudah beredar di medsos itu tidaklah benar.

Sebelumnya, sebuah unggahan foto-foto penyusup dan provokator aksi demonstrasi 11 April di Gedung DPR RI viral di media sosial. Unggahan tersebut memuat 4 foto kolase orang-orang yang diduga terlibat dalam aksi pengeroyokan dan penganiayaan terhadap Dosen UI Ade Armando.

Salah satu foto yang diunggah adalah Try Setia Budi Purwanto yang tertulis warga Kelurahan Lembasung, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Foto Try disandingkan pada profil pria dengan penutup kepala ponco berjaket sweater hitam yang diduga sebagai provokator kerusuhan aksi demo 11 April.

Dalam video yang diunggah Helmi Ibrahim, Try Setia Budi Purwanto membantah terlibat aksi demo di Jakarta, apalagi terlibat pemukulan terhadap Ade Armando.

"Berita yang viral saat ini itu hoax, berita palsu. Saya sekarang ada di rumah pak kepala kampung Lembasung, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Bahwa berita yang sudah viral tidak benar adanya. Rumah saya ada di kampung Lembasung dan sampai saat ini saya masih ada di kampung Lembasung bersama bapak kepala kampung," ujar Try Setia Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya