Profil Idham Holik, Anggota KPU RI dari Bekasi Periode 2022-2027

Idham Holik
Sumber :

VIVA – Idham Holik, namanya sudah tidak asing lagi  bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Kota Bekasi. Namanya masuk sebagai anggota KPU RI yang baru saja resmi dilantik pada hari ini, Selasa (12/04/2022).

KPU: Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Bersama dengan 6 anggota lainnya, Idham Holik terpilih setelah dinyatakan lolos usai proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar oleh Komisi II DPR.

Enam anggota lainnya tersebut adalah, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asyari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat
dan August Melaz.

KPU Bakal Lakukan Penghitungan Suara Ulang di 1.747 TPS, Ada Apa?

Lantas, siapa sebenarnya Idham Holik? Daripada penasaran, sepertinya menarik untuk menelusuri  salah satu anggota yang terpilih menjadi komisioner KPU RI. 

Idham Holik, merupakan salah satu nama yang bertengger dalam jajaran anggota KPU RI baru. Idham nama sapaannya itu merupakan anggota perwakilan dari Jawa Barat. 

KPU Benarkan Sejumlah Petugas KPPS Meninggal Dunia saat Menjalankan Tugas

Setelah sekian lama dari tahun 2017 hingga sekarang, belum ada komisioner KPU yang berasal dari Jawa Barat. Kini, baru saja nama Idham Holik memasuk dalam daftar anggota KPU RI perwakilan Jawa Barat.

Perjalanan Karier

Sosok Idham Holik sebelum dirinya dilantik sebagai komisioner KPU RI, dia menjabat sebagai komisioner KPU Provinsi Jawa Barat dari sejak 2018 hingga saat ini. 

Idham Holik di sana menjabat sebagai ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat. Nama Idham Holik bukan sosok yang asing dalam kepemiluan, namanya sudah melalang buana tepatnya selama 15 tahun dirinya pernah menjabat sebagai komisioner KPU Bekasi.

Tak sampai di situ, perjalanan kariernya  dalam bidang kepemiluan dimulai saat dirinya menjadi Koordinator Relawan University Network for Free and Fair Elections (UNFREL) pada 1999. Setelah itu, dirinya melanjutkan untuk bergabung ke KPU Bekasi.

Setelah beberapa pengalaman yang dimiliki di bidang kepemiluan, membuat nama serta kariernya makin meningkat. Nama Idham Holik menjabat KPU Kabupaten Bekasi periode 2013-2018, Anggota KPU Jawa Barat sejak 2018 hingga sekarang, dan terakhir sebagai anggota TPD Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (2021-2022).

Semasa Muda

Idham Holik yang merupakan anggota baru KPU RI lahir di Karawang, 2 Maret 1977. Dirinya merupakan lulusan pendidikan strata 1 dalam bidang ekonomi di Universitas Islam 45 Bekasi. 

Setelah lulus mendapat gelar S1, Idham Holik pun melanjutkan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi yaitu magister dan juga doktoral di FISIP Universitas Indonesia, konsentrasi Ilmu Komunikasi.

Selama duduk di bangku kuliah, Idham Holik merupakan salah satu mahasiswa yang terbilang aktif dalam kegiatan organisasi. Tak heran jika banyak pengalaman organisasi sudah diikutinya. 
Mulai dari Ketua Badan Perwakilan Fakultas Ekonomi Unisma Bekasi (1997-1998), Ketua Senat Fakultas Ekonomi Unisma Bekasi, Presiden Republik Mahasiswa Unisma Bekasi (1999-2000), Pengurus HMI Cabang Karawang-Bekasi (1996-2001), hingga Pengurus PB HMI (2002).

Pengalaman yang dimilikinya tak heran membuat sosok Idham Holik bisa berada di posisi saat ini. Setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan, Idham Holik pun menyampaikan visi dan misinya jika berhasil lolos sebagai anggota KPU RI, ia   ingin menjadikan KPU lembaga penyelenggara Pemilu yang berintegritas dan profesional dengan inovasi yang dikembangkannya.

Itulah sedikit profil singkat dari Idham Holik, salah satu anggota KPU RI yang baru saja dilantik pada hari ini bersama 6 anggota lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya