Survei: Anies Paling Dibahas Netizen, Prabowo Raih Sentimen Terpositif

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA – Lembaga survei Merdeka Institute melakukan riset yang bertajuk 'Analisis Percakapan tentang Capres Top Five di Dunia Maya'. Hasilnya menyebutkan bahwa Anies Baswedan merupakan capres yang paling banyak diperbincangkan oleh para netizen di dunia maya.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Anies menjadi tokoh yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat, yakni 87.135 percakapan. Kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 41.164 percakapan dan Ridwan Kamil dengan 32.730 percakapan, Ganjar Pranowo 25.299 percakapan, dan Sandiaga Uno 6.704 percakapan.

"Anies Baswedan yang paling sering dibincangkan oleh netizen di internet, diikuti oleh Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo, sedangkan Sandiaga Uno masih minim tingkat pencarian dan percakapan di internet," kata peneliti senior Muhammad Yafi dalam konferensi pers, Kamis, 21 April 2022.

MK Tolak Gugatan Anies-Muhaimin, Perkuat Keputusan KPU Prabowo Presiden!

Prabowo berbincang bersama Gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Meski nama Anies Baswedan paling banyak diperbincangkan, namun sosok Prabowo Subianto justru menjadi capres yang banyak memperoleh sentimen positif dari netizen. Prabowo Subianto memiliki sentimen positif sebanyak 25,41 persen; negatif 12,43 persen; netral 62,16 persen.

Anies Singgung Ada Penggiringan Opini Pilpres 2024 Sudah Usai

"Sebanyak 25,4 persen dari total netizen yang mempercakapkan Prabowo cenderung menyampaikan ujaran positif tentang Ketua Umum Partai Gerindra itu, hanya 12,4 persen yang cenderung bernada negatif, dan sisanya 62,2 persen bersifat netral," kata Yafi.

Menurut Yafi, tingginya sentimen positif tentang Prabowo Subianto dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, kinerja positif Prabowo sebagai menteri terbaik dalam Kabinet Jokowi Jilid II ternyata membuka mata publik mengenai totalitas Prabowo dalam mengemban tugas negara.

Kedua, sikap Prabowo yang jarang sekali mau terlibat dalam percakapan tentang capres 2024 diapresiasi publik sebagai sosok yang tidak ambisius nyapres seperti beberapa menteri lain dalam Kabinet Jokowi Jilid II. 

"Ketiga, pernyataan-pernyataan Prabowo cenderung mengarah pada pencarian solusi daripada membangun kontroversi atas berbagai masalah nasional akhir-akhir ini," ujarnya.

Berdasarkan analisis Merdeka Institute, selain memiliki sentimen positif tertinggi, Prabowo juga mempunyai tingkat potential reach lebih tinggi dibandingkan capres lima besar lainnya.

Berikut hasil sentimen netizen atas top five bakal capres:
1. Probowo Subianto: positif 25,41 persen; negatif 12,43 persen; netral 62,16 persen
2. Ganjar Pranowo: positif 20,63 persen; negatif 17,94 persen; netral 61,43 persen
3. Anies Baswedan: positif 18,96 persen; negatif 30,95 persen; netral 50,09 persen
4. Sandiaga Salahuddin Uno: positif 18,83 persen; negatif 5,06 persen; Netral 76,11 persen
5. Ridwan Kamil: positif 10,48 persen; negatif 2,04 persen; netral 87,48 persen.

Sekadar informasi, survei ini diselenggarakan selama 11 hari, yakni pada 9-20 April 2022. Metodologi analisis dalam survei yang dilakukan Merdeka Institute ini menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstrasi opini dalam bentuk teks. 

Survei ini menggunakan keyword nama-nama capres top five yang sering dipublikasikan oleh lembaga-lembaga mainstream. Metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in data base (KDD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya