Zona Merah, Macet Parah hingga Mengular ke Tol Tangerang-Merak

Kemacetan Parah Pemudik menuju Pelabuhan Merak di Jalan tol Tangerang-Merak.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Kemacetan panjang pemudik menuju Pelabuhan Merak terjadi hingga ke dalam ruas tol Tangerang-Merak. Banyak pemudik yang tertahan macet di dalam tol, mereka mengeluhkan sulitnya mencari makanan, minuman hingga toilet.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Dari Karawang, macet dari jam 03.00 wib. Tadi saya juga jalan jauh banget (nyari toilet). Nyari makanan mending ada yang lewat lewat," kata salah satu pemudik bernama Ella Nurlaela, Kamis 28 April 2022.

Sedangkan bagi Wadi, dia beserta keluarganya terpaksa tidak puasa karena sulit mencari makan sahur saat terjebak macet di dalam tol. Dia tertahan dan belum bisa keluar Gerbang Tol (GT) Merak. 

Catat! Ada Pengalihan Arus di Sekitar MK Hari Ini Kalau Gak Mau Macet

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 28 April 2022: Global dan Antam Kompak Amblas

Pemudik asal Bandung tersebut hendak menuju Sumatera Selatan (Sumsel) dan telah terjebak macet parah sejak dari KM 95 atau belum keluar dari GT Merak di KM 98. 

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

"Macet dari jam 03.00 WIB sampai sekarang belum jalan. BBM boros, perjalanan juga lambat dan terganggu. Lantaran keadaan gini kita kan enggak puasa, mau sahur dimana kan enggak Ada. Enggak ada toilet," ujar Wadi.

Lebih parah lagi dirasakan oleh Dikdik Dwi Prasetya, pemudik asal Bogor dengan tujuan Sumatera Selatan (Sumsel) itu terkwn macet sejak di KM 91 tol Tangerang-Merak. Beruntung dia membawa bekal makanan, sehingga tidak kelaparan di jalan. Namun dia kesulitan mencari toilet.

"Dari KM 91 jam 01.30 WIB, mungkin sekarang (macet) lebih panjang lagi. Mudik lebih awal, pemerintah kan menganjurkan sebelum tanggal 28, kita ngikutin, tapi kena macet juga. WC umum di tambahin, tadi ada juga penuh, kurang mendukung," ujar Dikdik.

Ilustrasi kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,

Photo :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

Berdasarkan pernyataan Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Budi Mulyanto, karena antrean kendaraan sudah memasuki ruas tol Tangerang-Merak, maka diberlakukan zona merah. 

Sat Lantas Polres Cilegon kemudian terus menjadikan Jalan Cikuasa Atas sebagai kantung parkir dan memberlakukan buka tutup kendaraan.

Arus lalu lintas Jalan Cikuasa Atas baru dibuka, jika ada dermaga kosong. Itupun jumlah kendaraan yang dibiarkan masuk ke pelabuhan dibatasi, sesuai dengan kebutuhan. 

Kepadatan pemudik untuk masuk ke Pelabuhan Merak hingga masuk ke jalan tol sudah terjadi sejak Kamis dini hari, 28 April 2022, sekitar pukul 01.00 WIB.

"Kita pantau mulai ada peningkatan, walau prediksinya nanti malam tanggal 28 menuju tanggal 29 terjadi kepadatan. Namun tiga hari terakhir sudah meningkat volume kendaraan. Cara bertindak kami adalah melakukan sekatan di Jalan Cikuasa Atas ini. Mulai tadi malam, sekitar jam 01.00 WIB sudah mulai meriah, kami melakukan beberapa diskresi dengan teman-teman di ASDP, supaya bisa menampung semua pemudik," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya