Jalan Arteri Cilegon Macet 10 Kilometer, Pemudik Sahur di Trotoar

Pemudik beristirahat sahur di depan kantor DPRD Cilegon, Banten
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Kemacetan di jalur arteri Kota Cilegon mencapai sekitar 10 kilometer di luar Pelabuhan Merak. Ujung kemacetan berada tepat di depan Kantor Wali Kota Cilegon atau berada di pusat kota.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Berdasarkan pantauan Jumat, 29 April 2022, pukul 03.30 wib, pemudik memilih beristirahat di trotoar jalan depan kantor Wali Kota dan gedung DPRD Cilegon. Nampak ada pemudik yang bersantap sahur bersama anak dan keluarganya.

"Berangkat dari rumah semalam (Kamis, 28 April 2022) jam 23.00 WIB. Kena macet di Jatake, Tangerang. Terus sampai sini juga macet," kata Joni, pemudik yang ditemui di depan gedung DPRD Cilegon, Jumat, 29 April 2022.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Joni mudik menggunakan sepeda motor bersama keluarganya. Dia berangkat dari Kapuk, Jakarta Utara dengan tujuan Lampung Tengah. 

Karena lelah, dia beristirahat di trotoar depan gedung DPRD Cilegon sembari menunggu arus lalu lintas kembali lancar. Dia belum membeli tiket karena khawatir hangus jika terjebak kemacetan.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

"Udah hampir dua tahun ini enggak pulang, baru pulang ini. Tiket belum beli, kalau kita beli takutnya sampai sana delay, jadi hangus. Makanya kita beli deket pelabuhan nanti. Ini kelihatannya, waduh, baru pertengahan ini, belum sampai Merak ini, baru sampai Cilegonini," jelasnya.

Berdasarkan pantauan di jalan arteri Kota Cilegon, kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak dibelokkan ke dalam Kawasan Industri Krakatau Steel untuk memperlambat laju menuju Pelabuhan Merak. 

Kemudian, kendaraan yang berasal dari Pelabuhan Merak dan menuju Tangerang, oleh polisi lalu lintas di masukkan melalui Gerbang Tol (GT) Cilegon Barat.

"Kami mohon partisipasi kesabaran dari para pengemudi dengan adanya kepadatan di jalur arteri. Kami yakinkan kapasitas di pelabuhan masih cukup lengang sesuai tampilan kita, dengan pengaturan yang baik sesungguhnya kita bisa menempatkan kendaraan tersebut di kantong parkir menuju ke dermaga kapal masing-masing," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, Jumat.

Kombes Pol Shinto menerangkan bahwa pemudik diarahkan keluar melalui sejumlah gerbang tol untuk mengurangi kepadatan di dalam tol Tangerang-Merak. Di jalur arteri, pemudik bisa lebih nyaman diperjalanan karena bisa mendapatkan bekal diperjalanan dan akses ke toilet atau tempat istirahat dengan lebih mudah.

Di jalur arteri, Polda Banten telah menerjunkan personilnya untuk berjaga dan melakukan pengaturan arus lalu lintas.

"Polda Banten memberlakukan skenario merah, karena kepadatan dari pengendara sedang memasuki jalan tol, dalam konteks ini maka telah disarankan agar kendaraan bisa keluar dari pintu tol sebelumnya, yakni di Cilegon Barat dan Cilegon Timur," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya