H-3 Lebaran, Gelombang Pemudik Melonjak di Stasiun Pasar Senen

Pemudik padati Stasiun Pasar Senen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA –  Lonjakan penumpang kereta api menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah sudah terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kondisi pada Jumat, 29 April 2022, stasiun Pasar Senen terus didatangi pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Kepala Humas PT KAI Daop I, Eva Chairunisa mengatakan, ada sebanyak 28 kereta api yang beroperasi mengangkut penumpang pada Jumat hari ini. Dua diantaranya merupakan kereta api tambahan.

Eva mengatakan, puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen diperkirakan terjadi sejak tanggal 27 April sampai dengan 2 Mei 2022.

Prabowo Gelar Halal Bihalal Bareng 1.000 Pegawai Kemhan, Begini Pesannya

"Mulai tanggal 27 (April) sampai dengan tanggal 2 Mei ini keterisian tempat duduk okupansinya di atas 95 persen semua. Artinya, kalau kita bicara kapan puncaknya, ya puncak kepadatan penumpang itu terjadi pada tanggal 27 sampai dengan tanggal 2 Mei," kata Eva kepada awak media di Stasiun Pasar Senen, Jumat 29 April 2022

Meski demikian, Eva mengungkapkan jumlah pemudik yang menggunakan kereta api pada tahun ini masih belum melampaui momentum Lebaran 2019 lalu. Namun, jika dibandingkan tahun 2020 dan 2021, jumlah ini naik signifikan.

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

"Kita bandingkan dengan masa 2019 sebelum Covid-19, untuk momen mudik saat ini juga masih belum melampaui angka yang ada di 2019," jelas Eva.

Menurut dia, untuk hari ini dengan perbandingan momen Lebaran pada 2019 masih kalah. "Jumlah pemudik saat ini masih sekitar 60 persennya, jika dibandingkan masa normal di 2019 terakhir," tambah Eva

Adapun dari pantauan, kondisi di Stasiun Pasar Senen terus dipadati pemudik. Aturan protokol kesehatan atau prokes juga diterapkan secara disiplin oleh para pemudik.

Mereka terlihat mengenakan masker, menunjukkan surat vaksin booster dan beberapa diantaranya juga membawa hand sanitizer atau cairan pencuci tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya