Libur Lebaran, Menikmati Kopi di Lereng Gunung Ungaran

Wisatawan menikmati kuliner di tepi lembah Gunung Ungaran.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Libur lebaran dimanfaatkan warga untuk jalan-jalan ke tempat wisata, termasuk juga wisata kuliner.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Salah satu tempat favorit di Semarang adalah Pondok Kopi. Lokasinya berada di lereng Gunung Ungaran. Tepatnya di Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan.

Udaranya sangat sejuk dengan panorama alamnya yang sangat indah. Sesekali kabut menyelimuti kawasan ini yang menambah romantis suasana.

Pemerintah Kota Tangerang Batasi Sekolah Lakukan Study Tour

Pada libur lebaran saat ini, pemudik dan wisatawan banyak yang datang untuk menikmati aneka kuliner terutama kopi. Seperti pada Minggu, 8 Mei 2022. Jelang masuk kerja lagi pada Senin besok, warga pun berwisata ke sini.

Wisatawan menikmati kuliner di tepi lembah Gunung Ungaran, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Kopi menjadi menu andalan di sini. Kopi yang dipakai adalah arabika hasil petik di kebun yang ditanam di Umbul Sidomukti. Kemudian diolah menjadi aneka minuman kopi.

"Kopi memang andalan di sini. Selain ada juga kuliner lainnya seperti coklat, susu, tahu bandungan, serta aneka kuliner umumnya seperti nasi goreng, iga bakar, dan lain-lain," ujar Ambarwati, pengelola Pondok Kopi Umbul Sidomukti.

Penikmat kuliner bisa menikmati hidangan di kursi-kursi dan meja kecil yang dipasang menghadap langsung ke lembah luas.

Ia menambahkan, ada juga beberapa spot wisata yang bisa dinikmati. Seperti kolam renang di ketinggian, ranch domba, spot foto instagramable, berkuda, juga goa yang tembus ke lembah di ujungnya.

Wisatawan yang datang mengaku cocok di sini karena hawanya yang sejuk dan banyak tempat untuk kumpul-kumpul keluarga.

"Di sini cocok ya untuk semua umur. Maka saya ajak keluarga ke sini. Yang muda bisa menikmati wisata foto instagramable, yang anak-anak ada wisata berkuda, taman kelinci dan domba. Dan untuk orang tua bisa menikmati taman yang asri," kata Murdopo, wisatawan asal Ungaran.

Tiket masuk ke kawasan ini Rp10 ribu. Khusus spot-spot seperti taman kelinci, goa, berkuda, serta kolam renang ada tiket lagi.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya