Ketua PSI Binjai Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Pencabulan

 Ilustrasi perkosaan atau pencabulan.
Ilustrasi perkosaan atau pencabulan.
Sumber :

VIVA – Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Binjai, Sumatera Utara berinsial AR dilaporkan ke Polres Binjai oleh seorang wanita berinisial IAP atas dugaan pencabulan yang dilakukan terhadap korban pada bulan November 2021, lalu.

Laporan tersebut, dibenarkan oleh Kepala Seksi Humas Polres Binjai, Iptu Junaidi, saat dikonfirmasi VIVA, Sabtu 14 Mei 2022. Ia menjelaskan laporan disampaikan korban melalui Pengaduan Masyarakat (Dumas) di Polres Binjai, pada 2 Februari 2022.

"Ini masih kita tangani, kebetulan ada kendalanya. Ada dua orang saksi ditunjuk oleh korban, sehingga kita tangani dan ditindaklanjuti serta coba kita undang. Namun dua kali, kita undang sampai saat ini belum datang," ucap Junaidi.

Junaidi mengatakan hal ini, menjadi kendala menindaklanjuti laporan tersebut, yang tengah dilakukan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Binjai. "Makanya, berkasnya belum klop, belum duduk," kata Junaidi.

Junaidi menjelaskan untuk penyidikan kasus dugaan pencabulan tersebut harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan saksi-saksi untuk dimintai keterangan. Barulah, dilakukan pemeriksaan terhadap AR.

"Sekarang dia terduga (AR), kalau mau pemeriksaan terduga itu. Harus adalah saksinya. Harus jelas perkaranya, namun sudah dua kali diundang saksinya tidak datang," jelas Junaidi.

Junaidi mengungkapkan pemeriksaan saksi-saksi untuk mendalami laporan dan mendapatkan dua alat bukti. Sehingga perkara dugaan pencabulan ini jelas melanggar hukum.