Vihara Girinaga Kebakaran Usai Ibadah Waisak, Ternyata Ini Penyebabnya

Vihara Girinaga di Makassar terbakar
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud

VIVA – Duka menyelimuti perayaan Hari Raya Waisak 2022 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pasalnya, Vihara Girinaga yang berada di Jalan Gunung Salahutu, Kota Makassar Sulsel, terbakar, pada Senin 16 Mei 2022 malam.

Kebakaran di Panggung Saat aespa Syuting, Begini Kondisi Terkini

Informasi dihimpun, kebakaran itu diduga adanya lilin yang jatuh di dekat patung Buddha dalam Vihara itu. Akibatnya, kebakaran pun mulai terjadi pada bagian Altar yang berada di lantai 2 gedung Vihara. Kemudian dengan cepat menyambar menghanguskan beberapa pernak-pernik di dekat patung Buddha.

Kapolsek Makassar, Kompol Yus Rizal, mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 21.30 WITA. Adapun penyebabnya, dugaan kuat dari lilin. Sebab, di lokasi itu terdapat banyak lilin. Api menyambar bahan yang mudah terbakar sehingga api membesar.

Toko Bangunan di Depok Ludes Terbakar, Sumber Api Diduga dari Gudang

"Dugaan awal kebakaran dari lilin itu. Kan di situ banyak lilin. Api akhirnya menyambar bahan yang mudah terbakar sehingga api membesar ," kata Yus saat dimintai konfirmasi, Selasa 17 Mei 2022.

Kompol Yus menyebut, jika dalam insiden itu tidak korban jiwa. Hanya saja, kebakaran ini menghanguskan beberapa pernak-pernik untuk mempercantik altar. Dia pun mengaku bahwa saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

Viral Pria di Medan Bakar Rumah Sendiri Diduga Kecanduan Narkoba, Pihak Keluarga Minta Rehabilitasi

"Kami masih selidiki penyebab pasti kebakaran ini, meski sudah ada dugaan awal," tandasnya.

Sementara itu, salah satu jemaah, bernama Longlong menuturkan, bahwa awalnya saat dirinya tengah sembahyang di vihara tersebut. Sontak dirinya kaget lantaran api tiba-tiba muncul di lantai 2. Ia pun kemudian berusaha menyelamatkan diri bersama dengan sanak keluarganya.

"Iya, awalnya, anak saya yang lihat ada api di lantai dua. Jadi saya cek, ternyata api sudah besar dan memang kebakaran," kata Longlong saat dimintai konfirmasi awak media.

Longlong mengaku melihat kobaran pi awalnya dari Altar dekat patung kemudian menjalar ke beberapa pernik di dekat patung hingga membuat jemaah panik.

"Jadi karena kami semua panik akhirnya langsung menyelamatkan diri dan menginformasikan kepada warga sekitar untuk menghubungi Pemadam Kebakaran Makassar," katanya

Longlong juga menyebut, jika dugaan kuat memang karena adanya lilin sekitaran patung membuat api semakin menjalar lantaran jatuh akibat terkena angin.

"Disitu memang banyak lilin. Jadi api itu sangat mudah besar, karena di dekat Altar ini kan banyak pernak-pernik untuk mempercantik Altar yang mudah terbakar. Seperti bunga-bunga dari kertas dan lain-lain. Jadi mudah terbakar, apalagi di situ kan banyak lilin," ungkapnya.

Beruntung, dalam kejadian itu pemadam kebakaran Kota Makassar cepat tiba di lokasi kejadian. Petugas langsung berjibaku memadamkan api. Kurang dari beberapa menit, api berhasil dipadamkan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya