7 Fakta Menarik Haji Sondani, Kakek di Cirebon Nikahi Gadis 19 Tahun

Haji Sondani, 63 tahun, yang menikahi gadis 19 tahun
Sumber :
  • Tvone

VIVA – Belakangan ini publik sempat dihebohkan dengan pernikahan seorang kakek bernama Haji Sondani dengan seorang gadis cantik yang masih berumur 19 tahun. Pernikahan ini terjadi di Cirebon, Jawa Barat. Perempuan tersebut diketahui bernama Fia Barlanti. 

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Kakek tua berusia 63 tahun ini berasal dari Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Pernikahan mereka lantas menjadi viral usai videonya beredar di media sosial. Nah, berikut ulasan tentang fakta Haji Sondani yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Pertemuan Haji Sondani dan Fia

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Diberitakan tvOneNews, Haji Sondani dalam keterangan kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya bertemu pertama kali dengan Fia Barlanti ketika melaksanakan ziarah di Pulau Panjang yang terletak di Jepara. Di sana, ia berkenalan dan melakukan pendekatan dengan gadis cantik tersebut sampai akhirnya dinikahi. 

Tapi rupanya, pendekatan tersebut terus berlangsung selama satu bulan lamanya. Sampai akhirnya, setelah Hari Raya Lebaran kemarin, pria yang diketahui sebagai kakek kaya raya di Kecamatan Arjawinangun ini mengungkapkan perasaannya dan ingin menikahi gadis tersebut. 

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

2. Mempunyai Perbedaan Usia 44 Tahun

Diketahui bahwa Haji Sondani saat ini sudah menginjak usia 63 tahun. Sementara gadis yang dinikahi olehnya, bernama Fia Barlianti baru berusia 19 tahun. Bila diperhitungkan, perbedaan usia keduanya mencapai 44 tahun. Walaupun perbedaan yang terpaut jauh, pasangan ini tetap melangsungkan pernikahan dan merayakannya pada 18 Mei 2022. 

3. Mahar yang Diberikan

Pernikahan Haji Sondani dan Fia ini kemudian viral di media sosial bukan hanya karena terpaut usia yang cukup jauh, tapi juga mahar yang diberikan oleh Haji Sondani untuk menikahi gadis tersebut. Diketahui, ia mengeluarkan uang senilai Rp700 untuk keperluan menikah dan keperluan lainnya. 

Sementara untuk maharnya sendiri, Haji Sondani mengeluarkan uang senilai Rp50 juta. Menurut kabar yang beredar, Haji Sondani juga turut membelikan mobil untuk sang istri dan juga membiayainya untuk melaksanakan umroh

4. Dikenal Sebagai Sosok yang Dermawan

Haji Sondani bukan hanya dikenal lantaran sudah menikahi gadis belia, tapi ia juga dikenal oleh masyarakat setempat lantaran kedermawanannya. Sebelum pandemi Covid-19 melanda, ia sudah mengumrohkan 27 warganya. Bahkan, Senin, 30 Mei 2022 mendatang, kakek tua ini akan memberangkatkan haji 6 orang. 

Bahkan, salah seorang Ketua Pelaksana pernikahan mereka mengatakan, Haji Sondani memang sering mengadakan undian umroh gratis secara terbuka untuk masyarakat. Semua masyarakat yang tertarik dengan undian tersebut, maka diperbolehkan untuk melamar. Hal tersebut dilakukan oleh Sondani untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. 

5. Seorang Juragan Tanah

Menyadur dari berbagai sumber, Haji Sondani merupakan seorang juragan tanah yang berasal dari Cirebon. Karena kekayaannya tersebut, ia memberikan mahar yang cukup fantastis. Selain itu, ia juga memberikan uang sebesar Rp300 juta untuk keluarga Fia. Bahkan, ia juga mempunyai niatan untuk memberangkatkan keluarga Fia sebanyak 16 orang untuk umroh. 

6. Seorang Duda

Sebelum menikahi Fia, Haji Sondani ternyata adalah seorang duda yang ditinggal istrinya meninggal dunia lantaran sakit. Sebelum istrinya meninggal, Haji Sondani pernah bernazar bila bisa menikahi seorang gadis, maka dia akan mengajak kedua orang tuanya berangkat umroh. Oleh sebab itu, Haji Sondani akan segera memberangkatkan keluarga sang gadis untuk umroh. 

7. Pernah Bekerja di Arab

Dalam sebuah kesempatan, ia pernah mengatakan kepada media massa, Haji Sondani pernah bekerja di Arab Saudi. Hal ini dikatakan ketika mengaku akan memberangkatkan haji kedua orang tua Fia dan anggota keluarganya. Selain memberangkatkan umroh, ia juga akan bertandang ke Arab Saudi untuk mengenang masa lalu, yang mana ia pernah bekerja di sana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya