Bangun Rumah Sehat, Ganjar Optimis Kesejahteraan Masyarakat Meningkat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pembangunan Rumah Sederhana Sehat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pembangunan Rumah Sederhana Sehat bagi petani gula kelapa di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah. Pembangunan ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah.

Petani di Semarang Dukung Sudaryono Jadi Gubernur Jateng, Alasannya Selaras Program Pemerintah Pusat

Bantuan yang diberikan berupa rumah menggunakan teknologi Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN) dengan total biaya pembangunan Rp35 juta untuk satu rumah.

RUSPIN merupakan teknologi rangka rumah dengan sistem panel menggunakan sambungan baut, dapat dipasang secara cepat dan berbiaya relatif murah.

Sudaryono Jadi Pusat Perhatian saat Halalbihalal Pimpinan Parpol se-Jateng, Ada Apa?

"Perumahannya bagus-bagus. Jadi ada kerja sama, warga membeli tanah 80 meter kurang lebih Rp35 juta, terus dari pemerintah ngasih bantuan satu rumah Rp35 juta. Mereka bisa berswadaya dan hasilnya bagus," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin, 30 Mei 2022.

Dalam tinjauannya, Ganjar mengaku puas dengan hasil pembangunan RUSPIN. Ganjar optimis, kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dengan program RUSPIN.

Praktisi Tegaskan Karyawan Harus Jadi Prioritas Utama Penerima Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

RUSPIN yang dibangun dengan konsep town house ini juga dirawat dengan baik oleh warga yang menempatinya. 

"Kalau saya liat rumahnya bagus, maka kelayakan hidupnya bagus. Ini kalau disurvei, kesejahteraannya langsung meningkat tinggi sekali," ujar Ganjar.

"Karena sudah seperti perumahan town house gitu ya. Kualitasnya bagus, mereka juga merawatnya dengan baik, beberapa sudah menempati," sambung Ganjar.

Atas optimisme itu, Ganjar menyebutkan program RUSPIN bagi warga yang kurang mampu akan terus dilakukan ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Tak hanya RUSPIN, Pemprov Jateng juga memberi upah tenaga padat karya untuk 3 orang tiap penerima selama 6 hari sebesar Rp35 juta dan Rp1,8 juta.

Adapun total bantuan RUSPIN di Desa Karangsari yaitu sebanyak 51 rumah dengan total bantuan Rp924,5 juta. Ditambah pembangunan satu unit musala dari Baznas Jateng senilai Rp475 juta.

Sementara itu, salah satu warga Desa Karangsari penerima bantuan RUSPIN, Mahmudi Subianto mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan ini. Mahmudi berharap, bantuan ini bisa diperluas sehingga banyak masyarakat sejahtera.

"Alhamdulillah dapat bantuan perumahan ini saya merasa terbantu. Semoga dengan bantuan seperti ini, bisa menyejahterakan masyarakat semua lah ya," tutur Mahmudi.

Baca juga: Relawan: Ganjar Bawa Jawa Tengah Lebih Baik dan Sejahtera

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya