Ubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi, Ini yang Dilakukan BIN

Vaksinasi booster Covid-19 di DIY
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah untuk mendorong pandemi Covid-19 menjadi endemi. Salah satu caranya dengan melakukan percepatan vaksinasi hingga dosis booster. Seperti yang terus digalakkan Badan Intelijen Negara (BIN).

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Menurut Kepala BIN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Pol Andry Wibowo, pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster sangatlah penting peranannya dalam upaya kita keluar dari pandemi. Terutama, karena proses transisi dari pandemi ke endemi membutuhkan waktu yang panjang; yaitu di saat semua indikator pengendalian penyakit massal ini telah sangat membaik dan stabil dalam waktu yang lama.

“Peranan dosis ketiga menjadi sangat penting untuk keluar dari pandemi. Selain sebagai bentuk mitigasi resiko pada pelonggaran sosial saat ini, juga karena setelah disuntik vaksin booster masyarakat akan memiliki kekebalan yang meningkat tinggi dan durasi proteksinya jauh memanjang,” kata Andry di sela kunjungan sentra vaksinasi BIN di Sleman City Hall, DIY, Kamis, 2 Juni 2022.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Jenderal bintang satu ini melanjutkan, vaksin booster bisa memberikan perlindungan lebih tinggi dibanding dua dosis sebelumnya. Meski nanti terinfeksi di kemudian hari, vaksin booster bisa mencegah gejala, atau setidaknya mengurangi keparahan dan risiko.

Menurutnya, saat ini definisi dosis lengkap sudah harus bergeser ke pemberian dosis ketiga agar memberikan proteksi yang tinggi dan alma bagi penduduk.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Kekebalan komunal itu memang dapat dicapai dengan vaksinasi dosis primer; tapi daya tahannya bisa menurun dan hilang sehingga dosis booster sudah menjadi kebutuhan kita saat ini,” jelasnya.

Andry pun meminta masyarakat segera mendapatkan vaksinasi booster gratis tanpa memilih-milih jenis vaksin. Dia mengatakan, seluruh vaksin yang digunakan di Indonesia sudah memenuhi standard dan manfaatnya sama untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19.

"Mari yang belum booster segera lanjutkan. Karena booster memberikan proteksi yang lebih baik untuk diri dan lingkungan kita,” tandasnya.

Percepatan vaksinasi yang digelar BIN DIY di Sleman City Hall digelar atas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Pemerintah Daerah DIY dan beberapa stakeholder lainnya.

Baca juga: Kapan Pandemi COVID-19 Jadi Endemi? Ini Penjelasan Menkes Budi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya