Kesal Ditanya Harun Masiku, Ketua KPK: Kayak Nggak Ada Pertanyaan Lain

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, sempat kesal saat ditanya mengenai buronan Harun Masiku. Hingga kini, Harun memang belum bisa ditangkap oleh komisi antirasuah itu.

Sekjen DPR Ajukan Praperadilan soal Penyitaan Pasca Penggeledahan oleh KPK

Firli terlihat kesal, dengan bertanya balik ke wartawan yang menanyakan soal perkembangan perburuan Harun Masiku tersebut.

"Kok nanyanya cuma Harun Masiku saja? Ada titipan ya? Dititipi ya pertanyaannya ya? Kok kayak enggak ada pertanyaan lain gitu, kan banyak lho yang dikerjakan oleh KPK, bukan hanya itu," kata Firli dalam keterangannya usai rapat dengan Komisi III DPR, Rabu 8 Juni 2022. 

Heboh Pegawai Kristen Jadi Petugas Haji, Ayah Eki Vina Cirebon Muncul ke Publik

Firli mengaku pekerjaan besar KPK bukan hanya mengurusi satu orang saja, Harun Masiku. Tetapi orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan masih terus diburu ada lima orang.

"Orang yang dalam keadaan kondisi daftar pencarian orang, itu bukan hanya Harun Masiku, ada 5 orang dan itu masih ada dalam tahap pencarian kita," ujar Firli.

Alasan Polisi soal Tiga Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon Buron

Firli kembali mengutarakan keherenannya, kenapa awak media selalu menanyakan mengenai Harun Masiku. "Kok kaya enggak ada pertanyaan lain, kan banyak loh yang dikerjakan KPK, bukan hanya itu," tambahnya. 

Pelaksana tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, pencarian setiap buronan memiliki kesulitan yang berbeda-beda.

"Setiap pencariannya tentu memiliki tantangan dan kompleksitas yang berbeda-beda," ucap Ali.

Sebagai informasi, Harun Masiku telah berstatus buron selama dua tahun. Buronan kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPR RI periode 2019-2024 itu belum juga tertangkap.

Dia diduga menyuap komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. Adapun saat ini nama Harun sudah masuk dalam DPO.

Namun, sejak OTT terhadap Wahyu dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020 hingga saat ini, Harun Masiku masih buron

Ali Fikri menegaskan, kasusnya tidak berhenti sampai di sini. KPK berkomitmen dalam menuntaskan setiap perkara korupsi yang tengah ditangani oleh lembaga anti rasuah itu.

"Kami memastikan tak berhenti mencari keberadaan HM (Harun Masiku),” kata Ali dalam keterangannya, Senin, 23 Mei 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya