Jemaah Haji Asal Tulungagung Bawa Uang Bekal Ratusan Juta

Keberangkatan jemaah haji.
Sumber :
  • Dokumentasi AP II.

VIVA – Ada-ada saja barang yang dibawa para calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Surabaya dan disita petugas sejak Kloter 1 berangkat hingga sekarang. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Di antaranya uang sebesar Rp150 juta yang ditaruh CJH asal Tulungagung, di dalam koper. Karena berjumlah banyak, tentu saja duit tersebut langsung disita petugas dan akan dikembalikan kepada pemiliknya ketika pulang ke Tanah Air.

Uang ratusan juta rupiah itu ditemukan petugas, ketika memeriksa koper milik CJH Kloter 8 dan 9 setiba di Asrama Haji Surabaya (AHS) pada Kamis, 9 Juni 2022, sekira pukul 07.00 WIB. Dua kloter ini berasal dari Kota Kediri, Surabaya, Trenggalek, dan Tulungagung. Satu per satu koper mereka kemudian dipindai melalui mesin X-Ray.

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Nah, saat melewati X-Ray itulah, satu koper milik CJH asal Tulungagung diketahui terdapat uang yang disimpan di dalam kotak kardus kecil berbungkus perekat warna coklat. 

“Oleh petugas, uang tersebut dihitung dan total jumlahnya ada 150 juta rupiah," kata Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No :4/8/PBI/2002 tentang Persyaratan dan tata cara membawa uang rupiah keluar dan masuk wilayah pabean Republik Indonesia, maka setiap orang yang membawa keluar negeri uang tunai rupiah lebih dari Rp100 juta mendapatkan izin dari BI.

"Karena jumlah uang tunai yang dibawa jemaah haji Kloter 9 ini diatas Rp100 juta, maka tadi oleh petugas dibuatkan surat pengantar untuk bisa membawa uang tersebut ke Arab Saudi," tutur Maram.

Selain uang, petugas juga masih menemukan koper yang overwight. "Masih banyak koper yang kelebihan berat, dan harus dibongkar dikurangi isinya," ujar Maram.

Kelebihan berat koper jemaah, sebagian besar didominasi bahan makanan seperti mie instan, kacang hijau, sagu mutiara, kacang sambel dan lainnya. Ada juga beras yang melebih kapasitas. Bahkan, yang unik, ada juga CJH yang kedapatan membawa alat pancing ikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya