Fakta-fakta Lembah Anai Meluap, Kendaraan Tak Bisa Melintas

Lembah anai meluap
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Hujan lebat di Gunung Singgalang, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat pada Senin, 13 Juni 2022, menyebabkan luapan air mancur Lembah Anai hingga menggenangi jalan. Akibatnya, jalur penghubung Kota Padang-Bukittinggi dan sekitarnya tak bisa dilalui.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Terjadi kemacetan panjang

Lembah anai meluap

Photo :
  • Tangkapan layar
Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Hal ini pun mengakibatkan kemacetan panjang di Jalan Lintas Sumatera Padang-Bukittingi. Kendaraan yang melintas terjebak karena besarnya air yang turun dari sebagian aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang.

Kasatlantas Polres Kota Padang Panjang, Iptu Lazuardi, saat dihubungi tim TvOne membenarkan akibat kejadian tersebut menyebabkan gangguan arus lalu lintas. 

Puncak Arus Balik Lebaran Lintasan Bakauheni-Merak Diprediksi Malam Ini

“Kendaraan pada saat kejadian hanya satu per satu bisa melewati ruas jalan," kata Iptu Lazuardi dikutip tvonenews.

Ia menyarankan untuk kendaraan yang melewati jalur Lembah Anai untuk bisa mencari jalur alternatif lain seperti melalui jalur Malalak.

“Cuman kita harapkan masyarakat yang hendak ke Kota Bukittinggi untuk lewat jalur Malalak,” ujar Iptu Lazuardi.
Hingga kini kondisi jalur Lembah Anai sudah bisa dilewati dari kedua arah, namun kendaraan diminta terus waspada, karena debit air masih tinggi.

Lembah anai meluap 3 tahun terakhir

Air terjun Lembah Anai secara georafis diapit oleh tiga Wilayah, yakni Kab. Tanah Datar, Kab. Padang Pariaman, dan Kota Padang Panjang. Posisinya lebih lekat ke Kota Padang Panjang, namun secara administrasi air terjun lembah anai masuk Wilayah Kab.Tanah Datar.

Peristiwa melimpahnya air terjun Lembah Anai juga pernah terjadi pada pertengahan Desember 2019 atau tepatnya Minggu, 22 Desember 2019.

Saat itu, selain menumpahkan air yang sangat besar air, juga ada pohon tumbang yang lokasinya tidak jauh dari lokasi air terjun Lembah Anai tersebut.

Video meluapnya lembah anai viral di media sosial

Video meluapnya air terjun lembah anai viral di media sosial TikTok. Disebutkan jika meluapnya air lembah anai itu terjadi sekitar pukul 16.30 waktu setempat. Dari beberapa unggahan, terlihat memang terjadi kemacetan yang cukup panjang.

Diketahui jika air terjun lembah anai ini terletak di tanah datar, Sumatera Barat. Lembah ini memiliki tinggi 35 meter, dan menjadi salah satu objek wisata saat berkunjung ke Sumatera Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya