Minibus Vs KA di Serdang Bedagai, Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Minibus Toyota Hi-Ace ditabrak kereta api di Serdang Bedagai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra.

VIVA - Tabrakan maut minibus Toyota Hi-Ace menerobos perlintasan kereta api di Dusun I Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis petang, 23 Juni 2022, sekitar pukul 17.35 WIB. Ternyata perlintasan tanpa palang pintu.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Minibus Toyota Hi-Ace ditabrak kereta api di Serdang Bedagai.

Photo :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra.

Hasil Penyidikan Sementara

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Hal itu hasil penyidikan sementara berdasarkan olah TKP di lokasi kejadian dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Utara dan Satuan Lalu Lintas Polres Serdang Bedagai.

"Rambu yang dilihat dari Desa Kelang menuju Desa Sei Buluh jalan provinsi plang rambu ada yang patah. Jalan 4 meter jalan kelas 3, aspalnya masih bagus," kata Kanit Lakalantas Satlantas Polres Serdang Bedagai, Ipda Ramadhan Helmi, kepada wartawan, Jumat, 24 Juni 2022.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Baca juga: Kereta Api Tabrak Minibus di Serdang Bedagai, 5 Orang Tewas

Rombongan Emak-emak

Dalam minibus HI-Ace itu, mengangkut rombongan emak-emak baru pulang liburan dari Pantai Kelang, Kabupaten Serdang Bedagai, menuju Kota Medan. Total penumpang sebanyak 13 orang dan seorang sopir.

Ramadhan mengungkapkan jumlah korban tewas 5 orang, terdiri sopir dan 4 penumpang. Lima penumpang luka ringan, tanpa dilakukan perawatan dan 5 penumpang mengalami luka-luka dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Medan.

"Meninggal 4 orang termasuk pengemudi, satu meninggal di rumah sakit. Jumlah 5 orang, 4 orang luka Colombia Asia, RS Mitra Medika, RS Royal. 5 Orang lain luka ringan namun tidak dirawat. Jadi, 14 orang, 13 penumpang dan satu sopir," kata Ramadhan.

Kelalaian Pengemudi

Kecelakaan maut itu diduga kelalaian dari pengemudi. Namun begitu, masih dilakukan penyidikan oleh Unit Lakalantas Satuan Lalu Lintas Polres Serdang Begadai dan Direktorat Lalulintas Polda Sumatera Utara.

"Berdasarkan olah TKP, bukti-bukti dan saksi-saksi di TKP ya seperti itu (kelalaian sopir Hi Ace). Tapi, kita kan mendalami lagi penyidikan lebih lanjut," kata Ramadhan.

Ramadhan mengatakan pihaknya bersama Direktorat Lalulintas Polda Sumatera sudah mengevakuasi seluruh korban ke rumah sakit terdekat dari lokasi kejadian.

"Barang bukti mobil penumpang Toyota HI-ACE tersebut mengalami kerusakan dan diamankan ke Pos Lantas," kata Ramadhan.

Berikut nama-nama korban tewas:

1. Sopir Syafruddin (49) warga Stabat, Kabupaten Langkat.
2. Djui (69) warga jalan S. Parman, Kota Medan.
3. Susy Erlinawati (64) warga Komplek Pondok Kelapa, Kota Medan.
4. Minarni (68) warga Komplek Citra Land Gama City, Kabupaten Deli Serdang.
5. Tio Gem Sam (69) warga Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya