Alasan Listrik Padam di Sumatera, Ini Penjelasan PLN

Perbaikan SUTT 150 kV Lahat-Bukit Asam
Sumber :
  • Instagram: pln_id

VIVA Nasional – Sejumlah wilayah di Sumatera mengalami pemadaman listrik pada Senin 4 Juli 2022 malam. Listrik dikabarkan padam mendadak pada pukul 18.00 WIB tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak PLN.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Menurut informasi yang telah VIVA rangkum, diketahui malam itu sebagian wilayah di Sumatera mengalami pemadaman listrik serentak, situasi ini juga membuat lampu lalu lintas di Kota Palembang mati dan menyebabkan kemacetan di beberapa titik.

Sebelumnya juga sempat viral di media sosial penumpang LRT yang tengah berjalan di tepi rel dikarenakan kereta yang mereka tumpangi mogok akibat pemadaman ini. Pemadaman membuat listrik LRT  terganggu dan tidak dapat meneruskan perjalanan.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Gardu induk penghantar 150 KV rusak

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

Mengutip informasi yang disampaikan Instagram plnsumut, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara menyampaikan, pemadaman listrik yang menimpa beberapa wilayah di Sumatera semalam disebabkan terjadinya gangguan penghantar SUTT 150 KV Lahat-Bukit Asam.

Akibatnya dari pemadaman itu, listrik di beberapa wilayah Sumatera padam. Mengutip Instagram pln_id, Pihak PLN telah mengatasi permasalahan tersebut ketika gangguan berlangsung.

Perbaikan SUTT 150 kV Lahat-Bukit Asam

Photo :
  • Instagram: pln_id

“PLN bergerak cepat dalam memulihkan 100 persen pasokan listrik pasca terjadinya gangguan di sebagian Wilayah Sumatera dan Bangka akibat cuaca ekstrim yang menimpa SUTT 150 kV Lahat-Bukit Asam.” Tulis PLN

PLN mengatakan petugas telah berhasil melakukan penormalan di 45 Gardu Induk dan pemulihan daya lebih 1.500 MW. Terhitung mulai dari pukul 21.26 sampai 00.35 sistem interkoneksi kelistrikan sudah pulih kembali.

“PLN menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat sehingga proses pemulihan berjalan lancar.” Pungkas PLN

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya