Pakai Narkoba dan Curi Motor, Brigadir DH Dipecat

Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA Nasional – Seorang anggota Polres Garut Jawa Barat berpangkat Brigadir berinisial DH dilakukan pemecatan dari kesatuan Polri, karena melakukan sejumlah pelanggaran seperti disiplin, kode etik dan tindak pidana. Pemecatan sendiri telah dilakukan saat digelar upacara di halaman Polres Garut, Senin 11 Juli 2022 kemarin.

Kinerja Gemilang Bea Cukai Puncaki Trending Topic Nomor 1 di X

Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan bahwa pemecatan Brigadir DH berdasarkan surat keputusan Kapolda Jawa Barat. DH telah menyalahgunakan narkotika dan disersi selama 256 hari. Di samping itu, DH terlibat dalam tindak pidana pencurian sepeda motor sebanyak empat kali.

"Kasus pencurian sepeda motor ini sudah dinyatakan inkrah, dan hal itu menjadi pertimbangan sidang komisi kode etik sehingga dilakukan pemecatan dari keanggotaan polisi," ujarnya, Selasa 12 Juli 2022.

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah

Selain dilakukan pemecatan, Polres Garut telah melakukan penahanan terhadap Brigadir DH, karena ada beberapa proses yang dijalani pada saat menjalani pidana. Terakhir Brigadir DH, bertugas sebagai Bintara Sekretariat Umum Polres Garut.

"Saat dilakukan pemecatan DH memang tidak hadir," ungkap Wirdhanto.

Lama Vakum dan Kini Harus Kerja Keras Lagi, Irish Bella Ngaku Kaget dan Kelelahan

Lanjut Wirdhanto, Polres Garut dalam satu tahun terakhir ini telah memproses enam kasus pelanggaran yang melibatkan oknum anggota kepolisian. Oknum polisi yang melakukan pelanggaran mendapatkan hukuman sesuai dengan kriteria pelanggaran yang dilakukannya.

"Ada di antaranya yang dimutasi demosi, ada penundaan kenaikan pangkat, penundaan sekolah, juga ada yang mendapatkan teguran tertulis serta yang kemarin Dipecat dari keanggotaan polisi," pungkasnya.

Baca juga: Terungkap Alasan Bharada RE Tak Kawal Ferdy Sambo saat Insiden Maut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya