Profil Kapolres Jaksel Budhi Herdi Susianto yang Dinonaktifkan

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Nasional – Mabes Polri menonaktifkan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto. Pencopotan tersebut buntut dari kasus tewasnya Brigadir Nopryansah Yosua Hutabara atau Brigadir J di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022

Kabar Terkini Anak Ferdy Sambo Trisha Eungelica, Sibuk Koas dan Rawat Adik Bungsunya

Penonaktifan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto disampaikan oleh Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

"Ini merupakan suatu keharusan oleh karenanya untuk menjaga independensi, transparansi, dan akuntabel, pada malam hari ini memutuskan menonaktifkan dua orang, Karopaminal dan Kapolres Jaksel," ujar Irjen Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Satgas Pangan Polri Sidak Gudang Bawang Merah di Brebes, Awasi Penimbunan

Kapolres Jakarta Selatan Komebspol Budhi Herdi Susianto

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Profil Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, S.H., S.I.K., M.Si.

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Budhi merupakan pria kelahiran 16 Desember 1974, Semenjak lulus dari SMA Taruna Nusantara Magelang tahun 1993, Budhi melanjutkan pendidikannya di Akademi Kepolisian (Akpol) lulus tahun 1996 dari satuan Reserse.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Akpol, Budhi melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Karirnya di dunia kepolisian dimulai pada tahun 1997 ketika dirinya menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Ainaro di Timor-Timur pada 1997.

karirnya terbilang cukup baik dalam kepolisian, terbukti Budhi pernah menjabat sebagai Kapolres di beberapa wilayah, diantaranya dia pernah menjabat sebagai Kapolres di Kediri Kota Polda Jatim dari tahun 2013 hingga 2014.

Kemudian Budhi kembali menjabat sebagai Kapolres di Mojokerto Polda Jatim dari tahun 2014 sampai 2015. Bahkan Budhi juga pernah menjabat sebagai Kasubdit I Dittipidum Bareskrim Polri pada tahun 2020.

Kapolres Jakarta Selatan Komebspol Budhi Herdi Susianto

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Terbaru, Budhi menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri di tahun 2020. Selang satu tahun dirinya ditunjuk untuk menjadi Kapolres Metro Jakarta Selatan pada 17 Desember 2021 dan dinonaktifkan pada Rabu, 20 Juli 2022.

Sebelumnya, tim kuasa hukum keluarga Brigadir J meminta agar Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Karo Paminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan, serta Kapolres Jaksel Kombes Budhi Herdi dinonaktifkan dari jabatannya.

Hal ini disampaikan saat tim kuasa hukum melaporkan dugaan tindak pidana dugaannya pembunuhan berencana ke Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 18 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya