1 Jemaah Haji Positif Covid 19, Debarkasi Solo Terapkan Swab Antigen

Layanan Swab Antigen di Bandara Ahmad Yani Semarang
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional - Debarkasi Solo terapkan swab antigen setelah menyebutkan salah satu jemaah haji asal Jepara dinyatakan positif Covid 19. Hal ini telah disampaikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2022 (PPIH).

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Para jemaah haji asal Jawa Tengah yang tergabung dalam kloter ketiga itu, dinyatakan ada yang positif Covid-19 setelah setibanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

"Di Debarkasi Solo masa pemulangan hingga kloter 9 ini, ada satu jemaah haji yang positif Covid 19 dari kabupaten Jepara yang tergabung di kloter 3," kata Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo Sarip Syamsudin dilansir dari Antara, Jumat 22 Juli 2022.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Foto Arsip: Kedatangan jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Akan tetapi Jemaah haji asal Jepara tersebut, meskipun dinyatakan positif Covid 19, tidak memiliki gejala setelah setibanya di asrama Haji. Selain itu juga sudah dikoordinasikan oleh bidang kesehatan untuk melakukan isolasi mandiri.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Jadi tim kesehatan petugas daerah langsung menjemput dengan mobil ambulan khusus, untuk jemaah haji yang dinyatakan positif tersebut. Dia hingga kini dalam pemantauan tim kesehatan dari kabupaten Jepara," kata Sarip.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2022 (PPIH), Debarkasi Solo hingga saat ini telah memulangkan 9 kloter haji 2022 ke daerah masing-masing. Jemaah haji kloter 9 asal Kabupaten Kudus dan Rembang dengan sebanyak 360 orang telah tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Tinggalkan Mekah, Jemaah Haji Kloter 1 Dilepas dengan Shalawat

Photo :
  • MCH 2022

Jemaah haji 2022 kloter 9 tersebut sudah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali langsung diterima di Gedung Muzdalifah untuk pemeriksaan kesehatan. Selain itu, para jemaah haji 2022 langsung melakukan tes antigen sebanyak 200 jemaah untuk mengantisipasi adanya yang terkan Covid 19.

Tim kesehatan yang diperintah oleh (PPHI) setelah selesai melakukan tes antigen langsung diserahkan kepada petugas daerah untuk dipulangkan ke daerah masing-masing jika dinyatakan bebas dari Covid-19.

Haji kloter pertama tiba di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Sherly

Sarip memaparkan lebih lanjut, hingga pemulangan jemaah haji 2022 pada kloter 9 sudah sebanyak 3.234 orang yang sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Sementara jemaah haji 2022 yang masih berada di Arab Saudi sebanyak 12.199 orang.

Semenatar jemaah haji 2022 asal Jawa Tengah yang masih maski dan dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi sebanyak 8 orang terdiri atas tujuh orang asal Jawa Tengah dan satu asal Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya