Penerbangan Jemaah Kloter BDJ 1 Tertunda, Ini Kata Garuda Indonesia

Pesawat Garuda Indonesia
Sumber :
  • dok. Airbus

VIVA – Pihak Garuda Indonesia buka suara terkait penundaan jadwal penerbangan kepulangan jemaah haji Indonesia Kloter 1 Banjarmasin (BDJ), Minggu 24 Juli 2022. Penundaan penerbangan terkait kendala teknis.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Penyesuaian penerbangan dikarenakan adanya kendala teknis pada kondisi pesawat A330-300 pada penerbangan GA 8201 yang melayani penerbangan dari Jeddah menuju Banjarmasin, yang mengharuskan dilakukannya prosedur perbaikan secara komprehensif," kata Direktur Layanan & Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Susardi dalam keterangan pers, Minggu 24 Juli 2022.

Penyesuaian pengoperasian layanan penerbangan tersebut dilakukan setelah petugas Garuda Indonesia melakukan inspeksi secara menyeluruh dalam persiapan operasional penerbangan.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Di mana dalam proses inspeksi tersebut, petugas menemukan komponen pesawat yang perlu dilakukan perbaikan sebelum dioperasikan, termasuk melalui assessment kebutuhan penggantian suku cadang komponen penunjang pada mesin pesawat."

Pihak Garuda mengungkapkan, Hal ini dilakukan dengan mengedepankan fokus penerapan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada seluruh lini. "Guna memastikan bahwa keseluruhan komponen kelayakan pesawat selalu dalam keadaan optimal ketika akan dioperasikan."

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

358 Jemaah Diinapkan di Hotel

Seperti diberitakan sebelumnya, penerbangan pulang jemaah haji Indonesia Kloter 1 Banjarmasin (BDJ) tertunda. Akibatnya, sebanyak 358 jemaah haji diinapkan di 4 hotel di Jeddah, Arab Saudi, Minggu 24 Juli 2022.

Jemaah asal Kalimantan Selatan itu berangkat dari Mekah ke Jeddah pada Sabtu 23 Juli 2022 pukul 21.05 WAS dan akan terbang pulang dengan nomor penerbangan GIA 8201.

Kloter 1 Banjarmasin (BDJ) dijadwalkan terbang dari Bandara Jeddah pada Minggu pagi sekitar pukul 05.05 WAS dan direncakan tiba di Indonesia pada Minggu pukul 23.50 WIB.

Sempat berada paviliun dan ruang tunggu bandara, para jemaah langsung dibawa ke hotel setelah diumumkan penundaan penerbangan ke Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya