5 Fakta Badai Pasir di Madinah Jelang Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

Badai Pasir Warnai Kepulangan Jemaah Haji di Bandara Madinah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional – Badai pasir sempat menerpa kota Madinah saat pemulangan jemaah haji Indonesia di Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz pada 7 Agustus 2022. Namun petugas layanan kepulangan di Bandara Madinah memastikan jemaah haji Indonesia aman.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Berikut lima fakta badai pasir ketika jemaah haji Indonesia ingin berpulang ke Tanah Air seperti yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Badai pasir di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022
Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Badai datang setelah ashar

Dari informasi yang beredar, badai terjadi kira-kira usai ashar dan hanya berlangsung sebentar. Kepala Daerah Kerja Bandara Haryanto mengatakan ia sempat merasakan badai pasir ketika sedang di jalan.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

“Semoga lebih baik cuacanya, tadi di jalan cuaca gelap, tapi ini sebentar saja sudah selesai,” ujarnya seperti yang dikutip dari laman resmi Kemenag RI.

Ada 447 jemaah indonesia 

Saat badai berlangsung, ada 447 jemaah Kloter SUB 32 yang baru tiba di bandara yang sedang dalam proses diarahkan oleh petugas ke paviliun 5 Terminal Haji. hal ini disampaikan oleh petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Hanif Farizi. 

Ia mengatakan, “badai terjadi sekitar 15 menit pada saat sebagian jemaah turun dari bus menuju paviliun.”

Penurunan jemaah Indonesia sempat tertunda

Akibat adanya badai pasir, penurunan jemaah Indonesia Kloter Surabaya dari bus menuju ke plaza terminal sempat terganggu dengan alasan keselamatan. Saat itu, sebagian jemaah sempat sudah ada yang turun dari bus. 

Badai pasir di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022

Jarak pandang hanya dua meter

Hanif mengakui ketika badai terjadi, situasinya cukup mencekam sebab jarak pandang hanya sekitar 2 meter. Badai juga datang tiba-tiba selagi jemaah haji turun dari bus hendak menuju paviliun 5 di Terminal Haji.

Jemaah Indonesia sudah diterbangkan

Walaupun proses penurunan jemaah sempat tertunda, seluruh jemaah haji Indonesia SUB 32 telah diterbangkan ke Tanah Air menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV 5226. Tidak ada perubahan informasi penerbangan dari pihak maskapai. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya