Hotman Paris ke Bharada E: Jujurlah Sebelum Terlambat

Hotman Paris
Hotman Paris
Sumber :
  • IG @hotmanparisofficial

VIVA Nasional – Advokat kondang Hotman Paris Hutapea buka suara untuk Bharada E yang menjadi salah satu tersangka dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Hotman Paris, berpendapat, pengakuan Bharada E dalam proses penyelidikan yang dilakukana Mabes Polri nantinya akan menentukan masa depan untu Bharada E sendiri. Hal itu disampaikannya dapam sebuah postingan di akun resmi Instagramnya.

"Halo Bharada E, Bharada E, sebelum terlambat, sebelum terlambat agar kamu secara jujur terbuka siapa saja yang sebenarnya terlibat dalam penembakan Brigadir J. Kamu bisa saja aman di tingkat penyidikan, tapi pengakuan kamu sekarang pada akhirnya yang menentukan hukuman kamu," ujar Hotman dikutip Selasa, 9 Agustus 2022.

Hotman Paris berharap Bharada E agar tidak ragu membuka fakta sebenarnya di depan penyidik. Sehingga kasus ini terang benderang dan diketahui siapa saja aktor dibalik kasus ini.

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J

Photo :
  • VIVA

"Kan bukan di tingkat penyidikan nanti nasibmu diputuskan oleh putusan pengadilan yaitu mulai dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi, kasasi dan PK," ujarnya.

Hotman Paris tegaskan sekarang lah saat yang tepat Bharada E untuk menjelaskan semua yang diketahuinya kepada penyidik. Pernyataan jujur tersebut kata Hotman, akan membantu proses penyidikan kasus tersebut.

"Bayangkan berapa banyak hakim nanti yang akan menentukan nasibmu, apa kamu yakin oknum-oknum terkait bisa menolong kamu sampai tingkat PK, Mahkamah Agung kalau kamu hanya membebankan semua tanggung jawab kamu?" ujar Hotman.

Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer atau Bharada E.

Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer atau Bharada E.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp

Hotman Paris juga menyinggung soal masa depan Bharada E yang masih panjang. Hukuman yang nantinya dijatuhkan akan sangat mungkin menggerus masa depan Bharada E sendiri jika tidak berbicara jujur.

"Jadi sekaranglah penentuannya, masa depanmu ditentukan sekarang ini karena kalau kamu buat pengakuan sebelumnya, maka penyidik akan terbantu untuk mengungkapkan fakta sebenarnya," ujar Hotman.

"Ingat, kalau bebannya hanya di kamu, bayangkan beratnya hukuman, dan masa depanmu masih panjang. Adikku, masa depanmu masih panjang, jadi benar-benarlah sadari itu buatlah pengakuan sejujurnya sebelum terlambat. Inilah saatnya, masa depanmu ditentukan sekarang," ujar Hotman.