KSP: Bonus Demografi Bisa Dirubah Jadi Kekuatan Produktif Bangsa

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) RI Theofransus Litaay,
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Indonesia saat ini memasuki era bonus demografi yang ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk berusia muda atau usia produktif. Bonus demografi ini mesti dipersiapkan dengan baik agar menjadi kekuatan produktif bangsa.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Demikian disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) RI Theofransus Litaay kepada para peserta Konsultasi Nasional (Konas) dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Jayapura, Papua.

"Pada satu sisi, bonus demografi menyediakan potensi produktifitas bangsa. Namun, perlu dipersiapkan dengan baik agar potensi dapat dirubah jadi kekuatan produktif bangsa," kata Theofransus, dalam keterangannya, Jumat, 26 Agustus 2022. 

Sambut Lebaran 2024, Menko Luhut: Momentum Mempererat Kerukunan Serta Kekompakan

Ilustrasi bonus demografi.

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, penting peran pendidikan dalam demografi. Ia bilang hal itu terutama pendidikan vokasi.

Ali Ngabalin: Masa Sengketa Pemilu Bahas Bansos, Malu-maluin

Dia menyinggung penguatan dan pemerataan pendidikan jadi salah satu ikhtiar pemerintah. Tujuannya untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) seperti di Papua. 

Menurutnya, upaya ini dengan pendekatan pembangunan kesejahteraan sesuai arahan Presiden Jokowi. 

"Sejak tahun 2017 Presiden Jokowi menjadikan fokus pembangunan pada percepatan pembangunan kesejahteraan," ujar Litaay.

Ilustrasi Pendidikan vokasi.

Photo :

Dalam Konas GMKI, dihadiri juga Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri yang hadir secara virtual. Selain itu, ada juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua John Banua Rouw.

Selain itu, ada juga Wakil Kapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, dan Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih Jonathan Kiwasi Wororomi. 

Acara Konas GMKI turut dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Jefri Gultom. Konas ini berlangsung di Wisma Atlet Mandala Jayapura ini diikuti oleh perwakilan 100 cabang GMKI dari seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya