Tiga Pimpinan Partai Paling Populer di Jatim, Potensi di Pilgub?

Rilis survei oleh SSC di Surabaya, Jawa Timur, Senin, 29 Agustus 2022.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA Nasional - Tiga pimpinan partai politik di tingkat Provinsi Jawa Timur tercatat sebagai figur paling populer, berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC). Ketiga figur itu ialah Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, dan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

Bersaing Ketat

Riset tersebut dilakukan SSC dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Efek Kemenangan Prabowo di Pilpres Bisa jadi Kekuatan Sudaryono Menangi Pilgub Jateng 2024

Wagub Jatim sekaligus Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak.

Photo :
  • Dok. Demokrat

“Emil, Kusnadi, dan Anwar Sadad bersaing ketat secara popularitas yang menyasar responden,” kata peneliti senior SSC Ikhsan Rosidi dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 29 Agustus 2022.

Bertemu SBY, Sudaryono Dapat Restu Demokrat Maju Jadi Jateng 1?

Emil Dardak Teratas di Antara Pemimpin Partai

Di survei popularitas pimpinan parpol, lanjut Iksan, nama Emil memuncaki hasil dengan capaian 78,8 persen. “Kemudian baru disusul Kusnadi dengan hasil perolehan 28,2 persen. Sementara Anwar Sadad memeroleh 27,8 persen,” katanya.

“Nama-nama lain masih di bawah 10 persen, di antaranya Mundjidah Wahab dengan 7,8 persen, Iwan Setiawan dengan 7,0 persen, Sri Sajekti Sudjunadi dengan 6,6 persen, Ahmad Rizki Sadiq dengan 5 persen, Muhammad Mirdasy dengan 4,2 persen, Yunianto Wahyudi dengan 4 persen, dan Muhammad Masduki dengan 2,7 persen,” lanjut Iksan.

Elektabilitas Khofifah Tertinggi

Apakah tingkat popularitas sebagaimana hasil riset tersebut bisa menjadi modal untuk ikut berkontestasi di Pemilihan Gubernur Jatim tahun 2024 nanti? Bisa iya, bisa tidak. Namun yang pasti, berdasarkan hasil riset SSC pula, hingga saat ini Khofifah Indar Parawansa masih memuncaki bursa cagub Jatim dengan tingkat elektabilitas 30 persen.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di bawahnya ada Tri Rismaharini atau Risma dan Emil Elistianto Dardak dengan masing-masing 12,8 persen dan 9,8 persen. “Secara elektabilitas ini bisa menjadi modal bagus bagi Khofifah, namun juga harus waspada dengan Risma dan wakilnya saat ini, Emil,” kata Direktur SSC Mochtar W Oetomo.

Nama lain yang juga masuk dalam bursa Cagub Jatim berdasarkan survei tersebut ialah Saifullah Yusuf dengan 5,7 persen, Eri Cahyadi dengan 4,5 persen, Anwar Sadad dan Kusnadi keduanya masing-masing 2,5 persen, Puti Guntur dengan 2 persen. “Sementara Abdul Halim Iskandar memeroleh 1,8 persen, Djarot Saiful H. dengan 1 persen. Kemudian M Sarmuji dan Hanindhito Pramono keduanya 0,8 persen, M Nur Arifin dan Muhamad Fawaid 0,2 persen,” kata Mochtar.

Sementara untuk Cawagub Jatim, nama Emil Dardak masih unggul dengan tingkat elektabilitas 30,8 persen. Di bawahnya ada Eri Cahyadi 6,3 persen, Puti Guntur 5,2 persen, Saifulah Yusuf 4,8 persen, Anwar Sadad 4,5 persen, dan Kusnadi 4 persen.

“Nama-nama lainnya memeroleh di bawah 4 persen, seperti Tri Rismaharini 2,8 persen, Thoriqul Haq 2 persen, dan M Nur Arifin 1,8 persen,” kata Mochtar.

Meski demikian, ia mengatakan kontestasi Pilgub Jatim masih sangat terbuka lebar bagi seluruh nama yang beredar di bursa cagub dan cawagub.

“Karena dari survei elektabilitas cagub masih 23,8 persen masyarakat Jatim yang belum menentukan pilihan. Sementara untuk survei elektabilitas cawagub sebanyak 30,2 persen yang belum menentukan pilihannya,” kata Mochtar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya