Pesawat Latih Mendarat Darurat di Pantai Banyuwangi, Ini Sebabnya

Pesawat latih jatuh di Pantai Ngagelan, Alas Purwo, Banyuwangi
Sumber :
  • tvOne/Happy Oktavia

VIVA Nasional – Dua awak pesawat latih yang mendarat darurat di Pantai Ngagelan, Alas Purwo, Banyuwangi, Senin, 5 September 2022, berhasil selamat. Kedua awak kapal itu ditemukan dalam kondisi baik-baik saja.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Saat ditemukan aparat Kepolisian, keduanya sudah berada di luar pesawat. Posisinya duduk di pasir pantai. Dua awak pesawat tersebut masing-masing berinisial H dan R. 

Mereka diketahui merupakan taruna dari Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Kedua awak pesawat latih yang jatuh di Pantai Ngagelan, Alas Purwo, Banyuwangi

Photo :
  • tvOne/Happy Oktavia

Kapolsek Tegaldlimo, Iptu Lita Kurniawan mengaku mendapat kabar pertama ada pesawat mendarat darurat di Alas Purwo. Setelah dilakukan pencarian, ternyata posisi pesawat di Pantai Ngagelan. Sekitar 3 kilometer dari pintu masuk Alas Purwo.  

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Ketika saya datang ke TKP, dua awak pesawat dalam kondisi sehat. Tidak ada luka ataupun bekas benturan," kata Iptu Lita dilansir tvonenews, Selasa, 6 September 2022.  

Polisi langsung memberikan pertolongan pertamakepada kedua korban. Setelah dipastikan kondisi fisiknya tidak ada luka-luka, korban langsung dievakuasi petugas dari Kementerian Perhubungan ke Asrama API di Blimbingsari.

"Dua awak pesawat sudah dievakuasi ke Blimbingsari. Semuanya menjadi wewenang mereka," tegasnya. 

Sebelumnya diberitakan sebuah pesawat latih jenis Cessna 172 SP mendarat darurat  di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Senin siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

Dugaan sementara, pesawat yang sedang menjalani latihan terbang ini mengalami masalah pada mesin. Sehingga, memilih mendarat di pantai.  

Tim KNKT akan diterjunkan untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat latih tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya