Sosok Hasnaeni 'Wanita Emas' Tersangka Korupsi Dulu Artis Sinetron

Hasnaeni Moein alias 'Wanita Emas'
Hasnaeni Moein alias 'Wanita Emas'
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Nasional – Tersangka kasus tindak pidana korupsi penyimpangan dana PT Waskita Beton Precast, Hasnaeni alias Wanita Emas tengah jadi sorotan. Videonya viral di media sosial saat Wanita Emas itu keluar dari Gedung Binder Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Ia keluar dari Gedung dengan menaiki kursi roda dan didampingi beberapa staf Kejagung dan seorang anggota TNI. Saat menuju mobil, ia berteriak histeris saat beberapa staf Kejagung berupaya menggendongnya. 

Ia juga sempat berupaya untuk keluar dari mobil dengan sedikit menggulingkan badannya. Lantas, siapakah sosok Hasnaeni si Wanita Emas ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sosok Hasnaeni, Wanita Emas tersangka kasus korupsi

Hasnaeni Moein alias Wanita Emas

Hasnaeni Moein alias Wanita Emas

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Hasnaeni memiliki nama lengkap Mischa Hasnaeni Moein. Ia lahir di Makassar 17 Juli 1976. Ia kuliah di Universitas Krisna Dwipayana fakultas Ekonomi untuk Sarjana, kemudian ia melanjutkan kuliah gelar S2 Manajemen di kampus yang sama. Untuk S3 ia mengambil program Doktor Ilmu Ekonomi di kampus UnMer Malang.

Rupanya Wanita Emas ini merupakan anak dari mantan politikus senior PDIP Max Moein yang pernah menjabat sebagai anggota DPR 1999-2004 dan 2004-2009.

Julukan Wanita Emas ini ternyata dari partai yang ia dirikan. Ia merupakan pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Emas. Partai Emas ini merupakan singkatan dari Partai Era Masyarakat Sejahtera.

Menurutnya, ‘Emas’ merupakan simbol kesejahteraan. Ia pun menggunakan nama panggilan Wanita Emas dengan harapan bisa menjadi wanita yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat luas.

Julukan Wanita Emas ini ia gunakan sejak maju dalam Pilkada Tangerang Selatan tahun 2010 lalu. Meski batal maju, ia tetap menggunakan julukan Wanita Emas.

Calon gubernur DKI Jakarta Hasnaeni Moein (baju putih)

Calon gubernur DKI Jakarta Hasnaeni Moein (baju putih)

Photo :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

Kemudian ia kembali maju di Pilkada DKI 2017 dengan jargonnya ‘Era Masyarakat Sejahtera’. Dia merupakan kader Partai Demokrat yang bertekad maju sebagai calon gubernur DKI. Namun, Hasnaeni kembali gagal terjun ke dunia politik lantaran Demokrat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylvia Murni di Pilgub DKI.

Jelang Pemilu 2019, Hasnaeni sempat menyatakan ingin maju sebagai calon legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta. Bukan dari Demokrat, ia mengaku mencalonkan diri dari PDI Perjuangan. 

Hasnaeni atau Wanita Emas saat ditahan Kejaksaan Agung.

Hasnaeni atau Wanita Emas saat ditahan Kejaksaan Agung.

Photo :
  • Dok Kejaksaan Agung

Usahanya terjun ke dunia politik benar-benar tak terwujud. Kini, dirinya terlibat kasus dugaan korupsi. Kejagung menetapkan Hasnaeni sebagai tersangka berdasar pengembangan kasus dugaan korupsi di PT Waskita Beton Precast Tbk.

Jauh sebelum itu, Hasnaeni rupanya pernah terjun di dunia hiburan jadi artis sinetron. Diketahui bahwa dirinya pernah bermain sinetron Jin dan Jun, juga Saras 008. Ia juga dikabarkan memiliki production house sendiri.