Gempa Taput, 1 Orang Tewas dan Korban Luka-luka dalam Pendataan

Jalan retak akibat Gempa di Tapanuli Utara.
Jalan retak akibat Gempa di Tapanuli Utara.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Gempa dengan kekuatan tinggi, gempa Magnitudo 6.0 terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu dini hari, 1 Oktober 2022, sekitar pukul 02.28 WIB. Dilaporkan satu warga meninggal dunia terkena serangan jantung saat terjadi gempa bumi tersebut.

"Sebenarnya, ada satu orang meninggal, tadi dia mungkin kaget. Di bawa ke rumah sakit dan ditangani dokter meninggal itu saja. (penyakit) jantung. Bukan karena (ketimpa) material bangunan roboh," sebut Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Tapanuli Utara, Sihol Dame Perjuangan Situmeang, Sabtu pagi, 1 Oktober 2022.

Baca juga: Pertamina Turunkan Harga Pertamax Jadi Rp 13.900 per Liter

Sihol mengungkapkan bahwa untuk korban mengalami luka-luka akibat gempa tersebut, masih dalam pendataan pihaknya. Termasuk warga melakukan pendataan terhadap warga yang sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Taput.

"Masih didata, kami saat ini fokus memasang tenda untuk pasien di Rumah sakit rumah sakit. Kami mulai pasang tenda dari sejak jam setengah 5 pagi tadi. Soalnya, pasien diungsikan di luar sekarang kondisi hujan jadi kami harus selamatkan mereka dulu," kata Sihol.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Begitu juga, Sihol mengungkapkan pihak bersama Pemerintah Kabupaten Taput juga melakukan pendataan terhadap bangunan rumah warga, rumah ibadah, sekolah hingga fasilitas umum yang rusak, akibat gempa.