Ini yang Bikin Ade Armando Disentil Yusril Ihza Soal Titan-Mandiri

Ade Armando
Ade Armando
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Pegiat media sosial, Ade Armando menyadari telah diserang setelah mengunggah videonya di Cokro TV berjudul ‘Skandal Bank Mandiri, Titan dan Iwan Bomba’ pada 23 September 2022. Menurut dia, serangan dimula oleh Aktivis Serikat Pekerja BUMN, Arief Poyuono.

“Pada 27 September, saya disomasi Dodi Abdulkadir, kuasa hukum Bank Mandiri,” kata Ade Armando dikutip dari Youtube Cokro TV pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Pakar komunikasi sekaligus dosen UI, Ade Armando

Pakar komunikasi sekaligus dosen UI, Ade Armando

Photo :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

Kemudian, Ade menggambarkan isi video yang dipermasalahkan itu. Dalam video itu, ia menggambarkan fenomena yang dikhawatirkan berlangsung di dunia perbankan Indonesia. Kasusnya adalah kredit macet perusahaan Titan Infra Senergy di Bank Mandiri.

Pada 2018, kata dia, Titan mendapat kredit sebesar US450 juta dolar dari sebuah sindikasi bank yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Credit Suisse dan Trafigura. Menurut dia, Bank Mandiri adalah bank utama pemberi pinjaman. Jatuh tempo pelunasan pinjaman adalah agustus 2023.

“Gara-gara COVID-19, Titan mulai mengalami kesulitan untuk membayar utang pokok plus bunga pada Februari 2020. Harga batu bara saat itu memang anjlok. Kemacetan pembayaran cicilan utang pokok titan mulai terjadi pada Mei 2020 sampai Mei 2021,” jelas dia.

Ade Armando

Ade Armando

Photo :
  • Moh Nadlir - VIVA.co.id