Sambangi Blora, Menteri Hadi Selesaikan Konflik Agraria

Menteri ATR BPN, Hadi Tjahjanto, kunjungi Blora.
Sumber :
  • Dok. Kementerian ATR/BPN.

VIVA Nasional - Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, beserta rombongan menyambangi Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Hadi langsung menemui perwakilan warga, Bupati Blora dan unsur Forkompinda lainnya.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Cari Solusi Penyelesaian Konflik Agraria

Kunjungan ini tidak lain untuk mencari solusi penyelesaian konflik agraria antara pemerintah Kabupaten Blora dengan warga Wonorejo, Keluraha Cepu, yang sudah menghuni dan menggarap tanah tersebut selama 60 tahun.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Datang Bawa Solusi

Hadi lantas menyampaikan dirinya datang ke sana membawa solusi. Ia mengaku sudah minta kepada Bupati Blora untuk ikut membantu BPN menyelesaikan konflik ini.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

"Kita segera berikan kepastian hukum atas tanah warga kita," kata Menteri Hadi yang disambut gemuruh sorakan dan tepuk tangan ribuan warga yang mengeliling halaman Pondok Pesantren Al Muhammad Cepu.

Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto menyerahkan sertipikat tanah langsung ke warga

Photo :
  • Kementerian ATR/BPN

Semua Pihak Sepakat

Solusi yang ditawarkan oleh Hadi disambut baik oleh warga maupun Bupati dan Forkompinda. Semua pihak sepakat untuk segera menyelesaikan konflik pertanahan tersebut dengan melibatkan seluruh pihak, baik warga, Forkompinda dan unsur BPN Kabupaten Blora.

Dua Bulan Lagi Masyarakat Dapat Kepastian Hukum

Hadi akan segera membentuk gugus tugas untuk menyelesaian kasus tersebut. Forkopimda Blora dan Kanwil serta BPN Blora akan bekerjasama, sehingga dua bulan lagi masyarakat sudah bisa mendapatkan kepastian hukum atas tanah mereka.

Acara itu ditutup dengan rasa syukur dan shalawat atas tercapainya solusi penyelesaian konflik agraria di Cepu, Blora. Saat Menteri Hadi melintasi kerumunan warga, serentak warga menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya