Resesi Ancam Global, Sandiaga Uno Kuatkan Pembinaan dan Pendampingan UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan, pihaknya melakukan sejumlah upaya untuk memperkuat perekonomian terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dalam menghadapi resesi ekonomi global yang diprediksi akan terjadi pada 2023..

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Upaya yang dilakukan berupa pembinaan dan pendampingan pada UMKM. "Tentunya pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha terus kita perkuat. Salah satu ajang AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia), yang menjadi wadah untuk membentuk UMKM yang siap hadapi resesi," katanya, Senin, 10 Oktober 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Photo :
  • VIVA / Anisa Aulia
Jabar dan Gorontalo Jalin Kolaborasi Promosi Produk UMKM

Sandiaga melanjutkan, kolaborasi juga harus dilakukan oleh pihaknya, caranya menyambungkan para UMKM dengan perusahaan dalam hal bantuan pemasaran hingga modal. "Kolaborasi juga penting untuk membangun UMKM kita lebih maju dan siap lagi," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah bantuan pun turut diberikan kepada para UMKM. Salah satunya yang dilakukan Shopee dengan melatih 433 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif berupa pelatihan mendigitalisasi bisnis untuk melebarkan sayap.

Digitalisasi dan Manajemen Logistik jadi Perhatian Lion Parcel untuk Dukung UMKM Jangkau Pasar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya mengatakan, dukungan pihaknya sebagai wujud komitmen dalam mendukung digitalisasi UMKM termasuk di sektor ekonomi kreatif.

"Sebagai perusahaan teknologi, tentunya ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka," ujarnya.

Sementara itu, untuk bantuan yang diberikan antara lain, Shopee senilai Rp150 juta dan voucher senilai Rp25 juta kepada UMKM, lalu Qasir senilai Rp35 juta dan Goplay senilai Rp25 juta.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya