Sosok AKBP Ari Cahya yang Disebut di Dakwaan Ferdy Sambo Soal Penghilangan CCTV

AKBP Ari Cahya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – AKBP Ari Cahya Nugraha yang namanya disebut dalam surat dakwaan pertama Ferdy Sambo di sidang, Senin, 17 Oktober 2022. Dalam surat dakwaan tersebut juga disebutkan, sosok AKBP Ari Cahya Nugraha merupakan Tim CCTV Kasus KM 50.

Cara Polisi Jaga Nyawa Petinggi Negara saat World Water Forum di Bali

Pernyataan tersebut mengingatkan kembali pada kasus KM 50 dan melihat Ferdy Sambo. KM 50 juga trending di media sosial. Lantas sosok AKBP Ari Cahya Nugraha?

AKBP Ari Cahya

Photo :
  • Istimewa
Legislator PDIP Minta CCTV dan Petugas Dievaluasi Buntut Temuan Kondom di Taman

Berikut informasi terkait identitas AKBP Ari Cahya Nugraha yang Viva lansir dari berbagai sumber.

AKBP Ary Cahya namanya mencuat setelah masuk dalam saksi atau anggota polri yang menggambil DVR CCTV dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

Nama AKBP Ari Cahya Nugraha juga termasuk personel yang ditempatkan di tempat khusus karena pelanggaran kode etik dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir J. Namun AKBP Ari Cahya Nugraha tercatat telah menjalani menjalani masa kurungan sejak per 9 September 2022 lalu.

Karena hal ini, AKBP Ari Cahya Nugraha harus kehilangan kehilangannya sebagai Kanit 1 Subdit 3 Dittipidum Bareskrim Polri dan kini dimutasi sebagai Yanma Polri.

AKBP Ari Cahya Nugraha sempat menjadi Kapolda Jakarta Utara pada 2016 silam. Ketika itu, Ari Cahya menangani kasus seksual penyanyi Saipul Jamil. Selain itu, Ari pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 2018 lalu.

Saat sebagai Kanit Dua Subdit IV Ditreskrim Polda Metro Jaya, Ari juga mendapat penghargaan. Pasalnya, ia telah mengungkap kasus sabu sebanyak 1,8 ton di perairan Anambas, Kepri dan 240 kilogram sabu di Dadap, Tangerang. Saat itu, pangkat Ari Masih Kompol. AKBP Ari Cahya juga tercatat di wilayah hukum Kalimantan Timur.

AKBP Ari Cahya dan Tragedi KM 50

AKBP Ari Cahya

Photo :
  • Istimewa

"Hendra Kurniawan meminta Agus Nurpatria Adi Purnama untuk menghubungi saksi Ari Cahya Nugraha, SH alias Acay dengan kalimat "coba gus hubungi AKBP Ari Cahya..!" tapi belum terhubung juga,"

"Kemudian saksi Hendra Kurniawan berbicara dengan saksi Ari Cahya Nugraha alias Acay dan mengatakan "Cay permintaan bang Sambo, untuk CCTV udh di cek belom, kalo belum, mumpung siang coba kamu screening!"

Namun, karena Acay sedang di Bali, ia kemudian meminta anak buahnya yang lain, AKP Irfan Widyanto untuk melakukannya.

"Saksi Ari Cahya Nugraha alias Acay menjelaskan dia sedang berada di Bali dan menambahkan nanti biar anggotanya, saksikan Irfan Widyanto yang melakukan pengecekan CCTV," kata jaksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya